Pemkab Minahasa Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir Leilem

SONDER –  Pemerintah Kabupaten Minahasa, lewat Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Minahasa menyalurkan bantuan kepada 9 kepala keluarga dari 9 rumah yang terdampak banjir di Desa Leilem 3, Kecamatan Sonder. Sabtu (30-4-2018)

 (Kepala BPBD Kabupaten Minahasa  Johanis Pesik saat menyerahkan bantuan)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Minahasa Johanis Pesik menyampaikan, penyaluran bantuan kepada keluarga terdampak ini menindak lanjuti perintah langsung dari Penjabat Bupati Minahasa Royke H. Mewoh.

“Sesuai instruksi dari Bupati, instansi terkait diperintahkan secepatnya turun kelokasi, untuk melakukan verifikasi rumah dan keluarga yang terdampak, dan langsung meyalurkan bantuan” ungkapnya.

“Jadi sesuai SOP (Standar Opersional Prosedur) maka kami terlebih dahulu melakukan verifikasi langsung ke rumah-rumah yang terkena dampak bencana. Ini untuk memastikan agar bantuan sosial ini benar-benar tersalur kepada warga yang layak menerima bantuan. Jadi untuk sementara ada 9 rumah yang dihuni 12 keluarga yang kita berikan bantuan” Pesik lebih lanjut.

 (Kepala Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Royke T. Kaloh,  saat menyerahkan bantuan) 

Kepada media manadoline.com, Camat Sonder Rouldy Mewoh dalam wawancara mengungkapkan, selain di Desa Leilem Raya, ada sejumlah desa lain di wilayahnya yang memang rawan bencana terutama longsor, seperti Desa Rambunan Raya, Timbukar dan Sawangan.

“Dalam 2 tahun terakhir ini sudah 4 kali terjadi bencana. Makanya kami pemerintah kecamatan mengimbau masyarakat yang ada dilokasi tersebut agar senantiasa waspada apabila cuaca belum normal. Kalau bisa sebaiknya menghindar dulu, sebab lebih baik mencegah daripada mengobati” tukasnya.

Diketahui 9 kepala keluarga penerima bantuan yakni, keluarga Samola – Raintung, keluarga Engkol – Lombogia, keluarga Poluakan – Sela, keluarga Tambajong – Tenda, keluarga Tambajong – Rumondor, keluarga Tambajong – Waani, keluarga Sela – Makalou, keluarga Jd T. Raintung dan keluarga Ponto – Rompis. ***

Penulis : Riedel Memah

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020