Pemkab Mitra Gelar pra Musrenbang di Hotel Lagoon Manado Untuk Susun RKPD 2019

Sekda Mitra Drs Robby Ngongoloy ME MSi didampingi Asisten III Drs Piether Owu ME dan Kepala BAPPEDA Mitra Ir Djoni Ronsul M.Eng, saat memberikan arahan pada pra Musrenbang.
Sekda Mitra Drs Robby Ngongoloy ME MSi didampingi Asisten III Drs Piether Owu ME dan Kepala BAPPEDA Mitra Ir Djoni Ronsul M.Eng, saat memberikan arahan pada pra Musrenbang.

MITRA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) lewat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pembangunan (BAPPEDA), melakukan pra Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) di Hotel Lagoon Manado yang berlangsung selama dua hari mulai, Senin (19/3/2018) hingga hari ini, Selasa (20/3/2018).

Kegiatan tersebut mengangkat tema akselerasi pembangunan untuk peningkatan pertumbuhan di segala bidang dalam mewujudkan masyarakat yang jelas sejahtera, diikuti seluruh Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Mitra.

Sekretaris Daerah Mitra Drs Robby Ngongoloy ME MSi mengatakan, kegiatan tersebut membahas terkait penentuan skala prioritas pembangunan daerah Mitra.

“Didalamnya dibahas termasuk infrastruktur, sosial budaya dan ekonomi, terutama program yang bersentuhan langsung dengan pelayanan terhadap publik,” kata Sekda.

Seluruh jajaran Pemkab Mitra melakukan foto bersama usai pra Musrenbang.

Selain itu Ngongoloy menjelaskan kegiatan tersebut pada prinsipnya memberikan penjelasan bagaimana cara mengisi Rencana Kerja (Renja) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2019.

“Karena sudah berbasis online makanya kita harus berikan penjelasan bagaimana cara mengisi Renja OPD Tahun 2019, dengan menggunakan sistem elektronik atau e-planning yang diinput melalui website resmi Pemkab,” jelasnya.

Ia menuturkan, hasil yang ingin diwujudkan dalam Pra Musrenbang Kabupaten adalah rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) yang selaras.

“Dengan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui usulan Musrenbang kecamatan baik dari aspek kewenangan, prioritas penanganan, alokasi, volume dan aspek pagu indikatif,” kata Ngongoloy saat memberikan arahan kepada peserta musrembang.

Ditambahkannya hasil Musrenbang nantinya harus selaras dengan prioritas daerah.

“Hasil pra Musrenbang nantinya harus terkompilasi, tersinkronisasi dan selaras prosesnya dengan prioritas pembangunan daerah 2019,” tambahnya.

Ia berharap setiap Perangkat Daerah bertindak profesional dalam membuat perencanaan untuk akurasi akselerasi ercepatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas melalui pembangunan infrastruktur, peluang investasi produk unggulan dan inovasi daerah guna mewujudkan masyarakat Mitra Jelas Sejahtera.

Bappeda juga sebagai koordinator perencanaan daerah agar dapat memastikan prioritas pembangunan daerah direncanakan hingga ke level rencana kerja anggaran.

Kegiatan Pra Musrembang ditutup oleh Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Drs Piether Owu ME. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020