Pemkab Mitra Peringati Hari Bulan Bhakti PRB Berbasis Ekosistem dan Investasi Tahun 2019

Peringatan Bulan Bhakti PRB Berbasis Ekosistem dan Investasi Tahun 2019 Pemkab Mitra di halaman Kantor Bupati Mitra.

RATAHAN — Hari Bulan Bhakti Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Berbasis Ekosistem dan Investasi Tahun 2019 diperingati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), Jumat (8/11/2019), dihalaman Kantor Bupati Mitra.

Bupati James Sumendap SH yang diwakili Asisten I Jani Rolos SSos ME dalam sambutan mengatakan UU nomor 24 Tahun 2007 mengamanatkan setiap orang senantiasa turut serta melakukan penanggulangan kepada komunitasnya.

“Salah satu perwujudan dari amanat ini adalah Bulan Bhakti Pengurangan Resiko Bencana yang dilaksanakan setiap tahun bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Untuk meningkatkan kebersamaan atara pemerintah, dunia usaha/swasta dan masyarakat, dalam upata mengurangi resiko bencana,” kata Rolos.

Lanjut Rolos mengatakan, PRB merupakan kegiatan nasional untuk mengembangkan dan menetapkan kebijakan strategis dan tindakan agar korban jiwa dalam bencana dapat diminimalisir. “Selain korban jiwa, kerusakan harta benda, aset dan sebagainya bisa diminimalisir,” terangnya.

Lebih lanjut dituturkan, Kabupaten Mitra mempunyai topografi yang berbukit dan bergunung. Sehingga potensi pada timbulnya bencana seperti tanah longsor, banjir dan gempa bumi.

“Dengan berbagai potensi bencana tersebut, maka pemerintah perlu meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana agar dampak dari bencana bisa dikurangi,” sebutnya.

Rolos pun menambahkan perlu ada pembangunan berkelanjutan, meningkatkan kemitraan pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat untuk menemukan solusi yang tepat.

Hadir dalam apel tersebut, para asisten, seluruh pejabat SKPD, Kepala Bagian, serta seluruh jajaran yang ada. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020