Pemkab Sangihe Tambah Kapasitas ABF di Dagho

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Ir Rentje Tamboto.

Manadoline.com, Tahuna— Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, terus berupaya dalam menggenjot sector perikanan dan kelautan. Dengan melakukan penambahan berbagai fasilitas untuk hasil tangkapan. 

Seperti memaksimalkan pelabuhan perikanan Dagho, yang saat ini difungsikan sebagai wadah yang dapat menampung hasil perikanan dari nelayan di Kabupaten Sangihe.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sangihe, Ir Rentje Tamboto terkait upaya pemerintah menambah kapasitas Air Blast Freezer (ABF) di Pelabuhan perikanan Dagho yang saat ini tengah berproses. Menurut Tamboto, paling lambat bulan Agustus berbagai sarana prasarana di Pelabuhan perikanan Dagho oleh perusahaan Jasindo sudah dapat digunakan.

“Jadi untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap perusahaan Jasindo yang berada di Dagho, ini ada penambahan kapasitas ABF. Sekarang ini fasilitas tersebut sudah berada di kapal tol laut dan dalam waktu dekat akan tiba di Kabupaten Sangihe,” ungkapnya. 

“Diperkirakan bulan agustus mendatang, peralatan ini sudah running semua. Sehingga sebagian besar hasil tangkapan masyarakat nelayan sudah dapat di akomodir di Dagho. Begitu juga dengan fasilitas yang ada di pulau diharapkan juga pihak perusahaan akan memanfaatkannya,” sambung Tamboto.

Ditambahkannya, dengan adanya sarana prasarana penunjang itu diharapkan juga mampu memaksimalkan potensi kelautan perikanan yang dimiliki daerah demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Zul”Memang untuk ABF yang tersedia saat ini belum mampu menjawab kebutuhan nelayan yang ada di Sangihe. karena saat ini ABF di Dagho hanya mampu menampung kuran lebih 4 ton ikan, namun kedepannya dengan penambangan ABF ini fasilitas yang ada di Dagho bisa menampung hingga10-15 ton ikan,” pungkasnya. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020