IKLAN

Pemkot Bitung Keluhkan Kondisi Perikanan Pasca Moratorium Kepada Wantimpres


Wakil Walikota Bitung saat menerima kunjungan Dewan Pertimbangan Presiden

Wakil Walikota Bitung saat menerima kunjungan Dewan Pertimbangan Presiden

BITUNG-Kedatangan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI bidang Perekonomian Suharso Monoarfa di Kota Bitung, Minggu (26/4), dimanfatkan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Kota. Wakil Walikota Bitung M. J. Lomban, M.Si, didampingi Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs. Edison Humiang, M.Si, selain  melaporkan persiapan KEK, jalan tol dan IHP, juga menyampaikan keluhan tentang dampak Moratorium Menteri Kelautan dan Perikanan RI bagi dunia perikanan Bitung.

Menurut Lomban, kondisi perikanan Kota Bitung sangat terganggu dengan adanya Moratorium dari  Permen Perikanan, yang berimbas pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena 50 persen ekonomi Kota Bitung berasal dari perikanan. Moratorium tersebut juga berpotensi besar terjadinya gangguan kamtibmas, serta masalah sosial lainnya karena banyak buruh perusahaan perikanan yang telah menganggur, bahkan ada yang nasibnya sampai saat ini masih belum jelas.

“Dampak dari Moratorium ini yaitu kurangnya pasokan bahan mentah bagi industri perikanan akibatnya banyak buruh pabrik dirumahkan. Kami telah mengirim surat tentang permasalahan ini kepada Kementrian dan Presiden melalui Gubernur, “ ucap Lomban.

Mendengar laporan tersebut, Monoarfa langsung  meminta surat tersebut, sambil menyarankan agar Pemkot Bitung mencari solusi yang terbaik dalam menyelesaikan masalah ini. (jones)

IKLAN
loading...