Pemkot Launching CCC, Monitoring Pelayanan Publik Manado Terkontrol

LAUNCHING CERDAS COMMAND CENTER DAN SIMPOSIUM LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI “MEMBANGUN DATA DAN APLIKASI SMART CITY” KOTA MANADO, di Gd. SERBA GUNA PEMERINTAH KOTA MANADO,
LAUNCHING CCC DAN Simposium Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi “MEMBANGUN DATA DAN APLIKASI SMART CITY” KOTA MANADO, di Gedung Serba Guna Pemkot MANADO, Senin (27/2) (foto:Ivan/ML)

MANADO – Uji coba 3 bulan, akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, melaunching Cerdas Command Center (CCC), Senin (27/2) di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado.

DR Ir GS Vicky Lumentut (GSVL) dalam sambutanya mengatakan bahwa CCC ini merupakan sarana dalam mendekatkan masyarakat dengan Pemkot Manado dalam melakukan pelayan publik terhadap masyarakat.

“Ini adalah jembatan antara masyarakat dan pemerintah dalam melakukan kontrol baik terhadap pelayanan publik maupun ada hal-hal lain yang dapat di pantau secara langsung soal kebersihan dan kinerja ASN,”tutur Lumentut.

Selain itu, lanjutnya selain kinerja ASN juga bisa mengontrol yang terjadi di tengah masyarakat sehingga pelayanan pelayanan yang di lakukan oleh pemerintah bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

“Sekarang kita sudah punya 9 titik CCTV, semoga kedepan akan lebih banyak titik lagi yang di pasang CCTV sehingga pantauan kota akan semakin luas. Dengan adanya CCC ini bukanya mengganggu privacy dari para kepala perangkat daerah, tapi kalau masuk kabinet kami harus siap. Jadi tidak bisa sembunyi karena keberadaannya terpantau,” ujar Lumentut.

Menurutnya, kehadiran Command Center pun mengingatkan para kabinetnya untuk berubah, terutama bagi mereka yang belum terbiasa dengan kecanggihan teknologi.

“Ini juga berarti, para ASN kita jangan gaptek. Harus mengikuti perkembangan teknologi apalagi sekarang di Manado sudah ada Command Center,”tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Erwin menjelaskan mengimplementasikan Manado Smart City sebagai sistem pengembangan TIK menuju Manado Cerdas 2021, pihaknya sudah mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan baik untuk operasional Cerdas Command Center maupun aplikasi atau layanan yang dikembangkan.

“Selain beberapa aplikasi yang sudah eksisting di laman web seperti e-Musrenbang, e-SAKIP, e-Monev, dan PTSP, Cerdas Command Center saat ini tengah mengembangkan yang kami sebut dengan 9 Smart Solution yang terdiri dari 7 aplikasi dan 2 layanan,”kunci Erwin.

Turut hadir dalam pelaksanaan Launching Cerdas Command Center Wakil Wali Kota Mor Bastiaan,Kepala Dinas Kominfo Manado Erwin Kontu dan mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey Kepala Dinas Kominfo Sulut Roy Tumiwa dan disaksikan oleh Dandim 1309/Manado Letkol Arm Johanes Toar Pioh SIP MSi serta seluruh pimpinan perangkat daerah kota Manado, perwakilan perbankan dan provider.

(Ivan)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020