Pemkot Manado–BMKG Langsung Bentuk Tim Olah Akurasi Data Informasi Cuaca di C3

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (batik corak biru merah) saat menandatangani kerja sama antara Pemkot Manado dan BMKG Pusat
Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (batik corak biru merah) saat menandatangani kerja sama antara Pemkot Manado dan BMKG Pusat

MANADO – Usai penandatanganan MoU antara Pemkot Manado dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat dilakukan Wali Kota, GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Kepala BMKG Pusat, Dr Andi Eka Sakya MEng terkait kerjasama pengelolaan informasi cuaca, Selasa (25/4/2017) di Ballroom Krakatau Hotel Mercure Ancol Jakarta.

Pemkot Manado dan pihak BMKG pusat langsung membentuk tim bersama yang akan mengolah data di Command Center Manado (C3) untuk akurasi informasi terkait cuaca, iklim dan lain-lain yang dimiliki BMKG selama ini.

“Meski demkian, kita semua harus berdoa agar Kota Manado diberikan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa supaya terhindar dari musibah bencana alam dan lain sebagainya,” kata Wali Kota GSVL didampingi Kadis Kominfo Manado, Erwin Kontu, Kabag Humas Pemerintahan, Steven Runtuwene dan Kabid Santel, Noldy Kilapong.

Wali Kota, GS Vicky Lumentut bersalaman dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela-sela MoU Pemkot Manado dengan BMKG di Hotel Mercure, Ancol

Penandatanganan kerjasama itu berlangsung bersamaan kegiatan Rakornas BMKG 2017 dengan tema ‘Penguatan Sistem Sumber Daya MKG Menuju BMKG Kelas Dunia’.

Kerjasama ini merupakan upaya Wali Kota GSVL dan Wawali Manado, Mor Bastiaan untuk pengembangan pusat komando C3 yang dimilik Pemkot Manado saat ini.

Ada 8 point disepakati dalam MoU untuk disebarluaskan ke masyarakat Manado melalui Cerdas Command Center Manado.

Yakni informasi prakiraan cuaca, cuaca ekstrem, informasi tinggi gelombang laut, informasi cuaca pelayaran, informasi kejadian gempa bumi, informasi peringatan dini tsunami, informasi rukyat/hilal dan gerhana serta informasi petir.

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (depan keempat dari kanan) foto bersama usai Rakornas BMKG 2017

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, berharap kerjasama antara BMKG dan Pemkot Manado, akan mempercepat informasi sekaligus meminimalisr dampak ditimbulkan manakala terjadi bencana.

“Sehingga dampak yang terjadi akibat bencana dapat diminimalisir,” kata Menhub.

Dirinya yakin kerjasama ini bermanfaat untuk memberikan informasi yang akurat dan dapat dipertanggung-jawabkan kepada masyarakat khususnya Kota Manado.

“Saya yakin BMKG lewat kerjasama dengan Pemerintah Kota Manado, bisa menyebarkan informasi seakurat dan secepat mungkin ke warga masyarakat di Kota Manado seputar iklim atau cuaca yang terjadi lewat Cerdas Command Centre yang ada,” pungkas Menhub. (***)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020