Pemkot Manado – IKKIST Sukseskan Tulude Tahun 2020

LIPUTAN KHUSUS

Upacara Tulude Sukses

Walikota Manado Vicky Lumentut saat memberikan sambutan dalam kegiatan upacara adat Tulude.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut mengapresiasi seluruh stakeholder terkait sehingga pelaksanaan upacara adat Tulude bisa berlangsung sukses dan meriah, Rabu (5/2/2020), bertempat di Lapangan Sparta Tikala.

Saat diberi kesempatan oleh Panitia untuk membawakan sambutan, Vicky Lumentut mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga manado asal Nusa Utara yang sudah berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan upacara Tulude. Baik itu dari Panitia Pelaksana, tokoh masyarakat dari Nusa Utara, tokoh adat, pengisi acara, dan para pemangku jabatan, yang sudah mensupport kegiatan ini bisa berjalan baik dan lancar.

Wakil Walikota Mor Bastiaan bersama Wakil Ketua TP-PKK Manado Imelda Markus saat dijemput tokoh adat Nusa Utara saat tiba dilokasi upacara adat Tulude.

“Terima kasih, upacara adat Tulude berjalan sukses dan meriah. Pemkot Manado sudah mengagendakan setiap kegiatan baik itu dari sisi adat dan keagamaan dalam kalender event tahunan. Sampai saat ini, kegiatan Tulude bisa berlajan sukses dari beberapa tahun belakangan. Terima kasih kerjasamanya yang baik,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Tambahnya, dalam seminggu berjalan, ada dua kegiatan adat yang disupport penuh Pemerintah Kota Manado. Dimana, akhir pekan nanti, 8 Februari 2020, akan ada perayaan Festival Cap Go Meh, yang merupakan bagian dari road to Manado Fiesta 2020.

Walikota Manado vicky Lumentut didampingi istri Julyeta Runtuwene saat berjalan menuju lokasi upcara adat Tulude.

“Pemkot Manado membangun suatu wadah yang namanya rumah besar kita bersama. Didalamnya terdapat perbedaan suku, budaya, agama, golongan dan berbagai macam keanekaragaman lainnya. Ini sudah diseriusi oleh saya dan Wakil Walikota pak Mor Bastiaan, yang mana hal ini mutlak dan prioritas dipertahankan. Puji Tuhan sampai saat ini setiap kegiatan adat/budaya maupun keagamaan selalu berjalan lancar dan meriah. Nah, akhir pekan nanti, akan ada peracayaan Cap Go Meh, 8 Februari 2020. Masyarakat Kota Manado saya undang kita ramai-ramai menyaksikan kegiatan tersebut,” ujar Vicky Lumentut.

Meriah, Upacara Adat Tulude Dihadiri Ribuan Warga

Walikota Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan saat d diarak-arakan menuju lokasi upacara adat Tulude.

Melalui pantauan manadoline.com, upacara adat tulude yang merupakan program tahunan Pemerintah Kota Manado mengangkat tema : ‘Biarlah anugrahNya menetap di negeri ini dan menjadi kesaksian turun temurun’ (Malumbako Kakendagu Mawu Tumana Su Weo E Ini, Ku Makoa Tulada Su Kebi Palahento Mebebawelase.). Upacara diawali dengan arak-arakan oleh rombongan tari-tarian khas daerah Nusa Utara dan Parede Paskibra saat mengantar Tamo sebagai kue adat daerah.

Upacara adat Tulude tidak saja dihadiri oleh ribuan warga, tapi juga dihadiri oleh Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Wakil Walikota Mor Bastiaan, unsur Forkopimda, Ketua dan anggota DPRD Kota Manado, mewakili Gubernur Sulut/ Kadis Kebudayaa Jenry Sualang, Tua-tua Adat Nusa Utara, Ketua TP-PKK Kota Manado Prof. Julyeta Runtuwene, Wakil Ketua TP-PKK Kota Manado Ibu Imelda Bastiaan Markus, Kapolresta Manado Kombes Pol. Benny Bawensel, mewakili Dandim 1309 Manado/Kasdim Mayor Gabriel Sale, Ketua Majelis Gembala Pucuk Pimpinan KGPM Indonesia Gembala Tedius Kuemba Batasina, BKSUA, FKUB, FPK, FKDM Kota Manado, jajaran Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kota Manado dan para undangan.

“Terima kasih Bapak Walikota dan Wakil Walikota yang sudah memberikan dukungan penuh. Terima kasih juga kepada semua pihak yang sudah terlibat dan panitia pelaksana, sehingga upacara adat Tulude ini bisa berlangsung sukses dan meriah,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Upacara Adat Tulude, Pontowuisang Kakauhe.

IKISST Apresiasi Kepemimpinan GSVL

Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat menjabat tangan Wakil Walikota sebelum kegiatan upacara adat Tulude dimulai, Rabu (5/2/2020).

Kepemimpinan Walikota Manado GS Vicky Lumenut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan diapresiasi warga Nusa Utara. Buktinya, dalam sambutan yang dibawakan oleh Ketua Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro dan Talaud (IKISST), Prof Orbanus Nahara, mengatakan Walikota memilih tandem yang tepat dalam memimpin Kota Manado.

“Kami warga nusa utara berterimah kasih kepada Walikota Manado, yang sudah memilih pak Mor Bastiaan sebagai Wakil Walikota Manado dalam Pilkada lalu. Pak Mor adalah bagian dari Nusa Utara yang salama ini sudah kami kenal baik. Kami bisa pastikan, akan terus mendukung program kerja pemerintah kota Manado, dalam membangun manado yang lebih maju,” ujar Nahara dalam upacara Adat Tulude Tahun 2020, bertempat di Lapangan Sparta Tikala, Rabu (5/2/2020).

Membalas sambutan Ketua IKISST, Walikota Vicky Lumentut turut mengapresiasi warga Nusa Utara yang masih tetap bersama dengan Pemerintah Kota Manado dalam merawat Rumah Besar dengan kekayaan budaya yang ada.

Penulis : stenlywb

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020