Pemkot Persiapkan LO Jadi 'Penerima Tamu' Manado Fiesta

Tampak rapat pembimbingan peserta LO untuk iven Manado Fiesta mendatang.

MANADO — Semakin dekat pelaksanaan iven akbar Manado Fiesta, beberaap persiapan juga gencar dimantapkan. Salah satunya dengan memperisapkan tenaga Liaison Officer (LO) atau ‘penerima tamu’ yang bekerja menjadi panyalur informasi terhadap dua lembaga/tamu untuk tetap sinergi dan tidak kehilangan informasi. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Serbaguna, Jumat (18/8).

Pelaksana Harian (Plh) Asisten II Pemkot Manado Hendrik Warokka didampingi Asisten III Frans Mawitjere, Staf Ahli Heri Saptono, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Corry Tendean, dalam kesempatan itu memberikan pembimbingan kepada puluhan Pegawai Negeri Sipil (ASN) maupun tenaga honorer yang diutus masing-masing Perangkat Daerah mengikuti pembimbingan LO.

Asisten II Hendrik Warokka selaku pimpinan rapat menjelaskan iven Manado Fiesta semakin dekat. Sehingga, beberapa persiapkan perlu dimatangkan. Salah satunya yaitu LO yang nantinya ditugaskan menerima tamu dan menjelaskan kepada tamu ataupun undangan terkait iven Manado Fiesta. Termasuk didalamnya mensosialisasikan potensi-potensi wisata yang dimiliki manado dan program unggulan Pemerintah Kota sendiri apa saja.

“Nantinya, para PNS maupun tenaga honorer yang bekerja di Pemkot Manado ditugaskan menjadi LO untuk menyalurkan informasi terkait iven manado fiesta, wisata unggulan di manado, maupun program-progam unggulan Pemkot Manado seperti apa. Contohnya, pemberian upah bagi tokoh agama merupakan program unggulan yang tidak dimiliki daerah lain. Sebab itu, mereka yang nantinya bertugas, diharapkan bisa menguasai meteri yang bakal diinformasikan ke turis, ataupun pihak-pihak yang butuh informasi terkait kota manado,” jelas Warokka.

Tambahnya, Liaison Officer  merupakan salah satu bagian penting dalam suatu struktur kepanitian.  LO lah yang menjadi penghubung panitia yang lain dengan peserta. LO menjadi panitia yang bersentuhan langsung dengan peserta. Baik tidaknya kepanitian bisa jadi dilihat oleh peserta dari LO-nya. Percuma saja jika panitia yang lain bekerja dengan baik dan maksimal tapi LO bekerja setengah hati. Peserta akan melihat yang setengah hati itu.

“Ada yang bilang LO itu yang penting cuman menyambut kedatangan peserta di suatu acara. Lalu menemani mereka selama mengikuti rangkaian acara tersebut. Intinya hanya satu. Tersenyum. Tapi lebih dari itu, tugas LO yang lain, sebagai penghubung panitia dan peserta, LO harus meneruskan segala informasi dari panitia kepada peserta dan meneruskan pertanyaan, komplain atau apapun terkait acara dari peserta kepada panitia. Tugas LO juga adalah untuk memastikan bahwa peserta mengikuti seluruh rangkaian acara dengan baik. (sten).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020