Pemkot Terapkan e-budgeting Per 2018

Manasar Panjaitan

MANADO – Sistem pengelolan keuangan di Pemerintah Kota Manado bakal diperketat. Hal ini mengacu pada rencana penerapan sistem e-budgeting yang bakal diterapkan per 2018 mendatang. Sehingga, dengan adanya kebijakan ini, maka tidak ada yang bisa seenaknya merubah mata anggaran yang sudah tertata dalam sistem.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah Pemerintah Kota Manado Manasar Panjaitan menjelaskan nantinya dalam penerapan e-budgeting pada tahun 2018 mendatang, sistem yang ada akan semakin kompleks. Terutama, mengenai pemegang password e-budgeting, bisa mengontrol dan mengawasi setiap pergerakan mata anggaran yang sudah diinput.

“Dengan adanya password rangkap dalam penerapan e-budgeting, tidak ada yang bisa seenaknya mengganti anggaran. Sistem ini sangat kompleks, dan menjadi acuan transparansi pengelolaan keuangan yang baik, benar dan efisien. Tidak ada lagi yang bisa mengatur anggaran seenaknya. Terkecuali pimpinan instansi setempat misalnya Walikota atau yang dipercayakan memegang password kendali e-budgeting, yang berniat melanggarnya,” tukas Panjaitan.

Lanjutnya, sistem e-budgeting yang menggunakan password ini, untuk mengunci data yang diisi oleh Perangkat Daerah (PD) yang ada. Karena e-budgeting diterapkan dengan tujuan meminimalisir tindak kejahatan seperti adanya anggaran siluman dalam APBD dan sebagainya. Yang justru merusak citra pengelolaan keuangan pemerintah kota.

“Sebelum anggaran PD diinput, dilaksanakan terlebih dahulu rapat kerja bersama Walikota, Wakil Walikota, Bapelitbang, dan seluruh jajaran PD yang ada. Tujuannya untuk mengevaluasi setiap mata anggaran yang tertera dalam program dan perencanaan secara terstruktur dan terperinci. Sehingga, ketika data diinput, sudah tidak ada lagi yang bisa dirubah” terang Panjaitan.

Tambahnya, pihak pemegang password e-budgeting dapat memantau siapa saja yang mengutak-atik atau mengubah anggaran. Dengan mengetahui secara rinci kapan dan siapa yang mengubah anggaran tersebut. Sehingga, apabila ada yang mengubah anggaran, orang itu harus bertanggungjawab memberi tahu alasannya. (Stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020