Pemprov Cepat Tanggap Tanggulangi Banjir, Gubernur Olly: Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

MANADO– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) ingatkan masyarakat tetap waspada. Pasalnya, peringatan dini cuaca di Sulut yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut pada Minggu (28/4/2019) siang tadi menerangkan masih terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir pada pukul 12.00 Wita.

Di wilayah Tomohon, Minahasa Utara, Manado, Bitung, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Kab. Kep. Sitaro dan Kab. Kep. Talaud.

Prakiraaan BMKG Sulut juga menjelaskan bahwa hujan dapat meluas ke wilayah Kotamobagu, Bolmong Timur dan Kab. Kep. Sangihe. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 15.00 Wita.

Kendati perkiraan BMKG Sulut cuaca intensitas sedang hingga lebat sampai pukul 15.00 WITA, namun masyarakat harus lebih berhati-hati.

Karenanya, Gubernur Olly Dondokambey mengimbau masyarakat agar waspada guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat tingginya curah hujan.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem,” kata Olly.

Olly juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait untuk mempersiapkan segala sesuatu bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

“Marilah kita berdoa supaya cuaca kembali normal dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasanya,” ungkap Olly.

Sementara Kepala Biro Umum Setda Sulut Clay June Dondokambey dalam postingan akan n Facebook (Fb) nya menerangkan Pemprov dengan cepat mengambil sikap untuk menanggulangi banjir.

“Pak Evans Esl Liow Kasat Pol PP Prov. Sulut dan Joy Oroh Ka. BPBD Prov. Sulut bersama Tim Langsung menindaklanjuti arahan Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur untuk memantau kondisi wilayah. Pak Kapolresta Manado dan Jajaran juga langsung terjun bersama di wilayah. Waspada Banjir dan Tanah Longsor Semoga hujan segera redah dan kita dihindarkan dari bencana. Amin,”tulis Karo Clay dalam akun Fb nya enam jam yang lalu hari ini.

(srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020