Pemprov Gerak Cepat Antisipasi COVID-19, Ini Himbauan dan Tindakan OD-SK untuk Masyarakat Sulut

PEMERINTAH PROVINSI (PEMPROV) Sulawesi Utara (Sulut) gerak cepat menangani penyebaran COVID-19 atau Virus Corona. Buktinya, Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK) lakukan rapat terbatas Sabtu (14/3/2020) malam, bersama para pejabat dan stakeholders terkait sehingga menghasilkan kebijakan demi keselamatan masyarakat di Bumi Nyiur Melambai ini.

Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw

Dalam pertemuan rapat terbatas yang dilaksanakan di Kantor Gubernur itu, Gubernur Olly mengambil keputusan dan telah disepakati bersama yaitu:

Gubernur Olly didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw langsung gerak cepat lakukan rapat terbatas dilanjutkan konferensi pers di ruang rapat Kantor Gubernur, Sabtu (14/3/2020) malam

Penanganan virus Covid-19 maka langkah yang kami lakukan untuk saat ini:

  1. Pemerintah menyiapkan dana siap dipakai dan bisa langsung dimanfaatkan untuk penanganan
  2. Pemerintah akan menyiapkan Laboratorium daerah untuk pemeriksaan kasus suspect Corona untuk mempercepat diagnosa sehingga bisa diambil tindakan cepat untuk penanganan
  3. Pemerintah juga akan menambah ruang isolasi di RS dan menyiapkan rumah singgah
  4. Kepada seluruh bupati dan walikota agar menghimbau warganya untuk tidak panik serta mengedukasi masyarakat terkait virus Covid-19

Selain itu, keesokan harinya Minggu (15/3/2020). Gubernur Olly menginstruksikan melalui Dinas Pendidikan Provinsi dalam mengantisipasi penyebaran virus corona, dimana:

Sekolah SMA/MA/SMK/SMTK/SLB baik Negeri dan Swasta yang menjadi kewenangan Pemprov Sulut diliburkan mulai 16 Maret hingga 30 Maret 2020.

Instruksi Gubernur Sulawesi Utara dalam mengantisipasi penyebaran virus corona, bahwa:

  1. Semua satuan pendidikan SMA/MA/SMK/SMTK/SLB baik Negeri dan Swasta yang menjadi kewenangan Provinsi Sulawesi Utara DILIBURKAN pada
    tanggal 16-30 Maret 2020.
  2. Pelaksanaan UNBK tetap dilaksanakan sesuai jadwal dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Dalam UNBK.
  3. Untuk SMK/SMTK kelas X, XI, SMA/MA Kelas X, XI, XI, SLB Kelas I s/d XII tetap belajar efektif melalui Kelas Maya dalam aplikasi “Rumah Belajar”* yang dikembangkan oleh Pusdatin Kemendikbud RI.
  4. Kepala sekolah beserta guru agar mensosialisasikan instruksi ini kepada orang tua murid dan masyarakat.
    Terima kasih.

Bahkan gerak cepat penanganan COVID-19, di hari yang sama Minggu (15/3/2020) sore, Pemprov bersama dinas terkait langsung melakukan tindakan penyemprotan disinfektan di Kantor Gubernur yakni tepatnya di lobi kantor dan di ruangan yang banyak didatangi tamu.

Penyemprotan disinfektan di Kantor Gubernur, Minggu (15/3/2020) sore

“Mari torang sama-sama segenap masyarakat Sulut dimanapun berada, kita bersatu hati berdoa memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk melindungi dan meluputkan kita dari wabah virus corona yang sedang melanda dunia. Kita yakin dengan iman percaya, doa kita menjadi kekuatan untuk menjalani kehidupan di tengah-tengah situasi dan kondisi saat ini,”terang Gubernur Olly.

Sembari menguatkan, masyarakat juga harus tetap tentang, tidak panik dan tidak langsung terprovokasi dengan pemberitaan. Harus dicek apakah benar atau hoax. Selain itu masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat menjaga imun tubuh, konsumsi makanan bergizi sayuran dan buah-buahan.

Aktivitas keramaian atau kegiatan di luar rumah yang tidak perlu supaya dikurangi dulu sembari menjaga pola hidup sehat di rumah dan lingkungan sekitar. Tuhan Menjaga dan Melindungi Torang Samua,”pungkasnya.

(Advetorial)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020