Pemprov Pastikan Beri Uang Saku Rp 2 M, 10 Agustus Lepas CJH

(Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pemprov Sulut dr Kartika Devi Kandouw Tanos, MARS)

MANADO– Pelepasan Calon Jamaah Haji (CJH) Sulawesi Utara (Sulut) akan digelar 10 Agustus 2018 mendatang. Pihak Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) RI Sulut dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) terus bersinergi demi suksesnya perjalanan ibadah bagi umat muslim ke Arab Saudi tersebut.

Diketahui keberangkatan CJH dibagi dua kloter yakni kloter 12 dan 13. Dari asrama haji Manado ke embarkasi Balikpapan kloter 12 pada 11 Agustus 2018 dan kloter 13 keberangkatan susulan pada 12 Agustus 2018.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pemprov Sulut dr Kartika Devi Kandouw Tanos, MARS kepada Manadoline saat berada di Kantor Gubernur Senin (6/8/2018) siang tadi mengatakan Pemprov telah menganggarkan dana hibah untuk keberangkatan CJH Rp 2 Miliar.

“Pokoknya bantuan hibah Rp 2 M dibagi sama rata untuk mereka dalam bentuk tunai masing-masing sekitar Rp 2 juta. Jadi itu sudah keseluruhan baik untuk transportasi, akomodasi selama berada di asrama haji, didalam daerah ke embarkasinya di balikpapan, sampai di Mekkah maupun setelah kembali lagi ke Manado,”tutur Istri tercinta Wakil Gubernur Steven Kandouw tersebut.

Sementara di waktu yang sama, Kantor Wilayah Kemenag melalui Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU ) H. Abdul Aziz Tegela MM ketika dihubungi Manadoline Senin (6/8/2018) siang tadi menambahkan persiapan pelepasan 698 CJH, Kemenag sudah menyurat ke Pak Gubernur Olly Dondokambey sejak Kamis pekan lalu.

“Kami menyurat, dan mengecek langsung. Mudah-mudahan perwakilan Pemprov utamanya Pak Gubernur Olly Dondokambey bisa hadir dan melepas CJH ketika berada di asrama haji Tuminting 10 Agustus 2018,”ungkap Tegela, sembari mengapresiasi Pemprov terkait bantuan subsidi CJH 2018 tahun ini naik Rp 2 Miliar yang sebelumnya pada 2017 Rp 1,3 M.

Tegela mengakui kewajiban pemerintah memberikan bantuan subsidi tersebut sudah tertuang dalam UU No 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

“Saat ini masih dalam tahap koordinasi jumlah tepat nominal berapa untuk CJH. Yang pasti masing-masing dapat sekitar Rp 2 juta-an dari total Rp 2 M yang akan diberikan Pemprov,”pungkasnya.

Rep:Srikandi
Editor: Srikandi

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020