IKLAN

Pemprov Raih WTP ke 5, Kandouw: Jangan Kita Puas Diri


MANADO-Untuk kelima kalinya Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara atas laporan keuangan Pemprov tahun 2015.

Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw ketika menerima berkas laporan dari BPK RI

Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw ketika menerima berkas laporan dari BPK RI

Penyerahan LHP ini diserahkan ke DPRD Sulut lewat Paripurna istimewa yang dilakukan oleh anggota VI BPK RI Prof. Dr Barullah Akbar kepada Ketua dewan dan Gubernur Sulut, Kamis (26/6).

Dalam sambutannya, Barullah Akbar mengakui pemeriksaan keuangan ditujukan untuk memberikan opini atas Kewajaran Laporan Keuangan Provinsi Sulut tahun  2015, dengan memperhatikan kesesuaian Standar Akuntasi Pemerintahan (SAP).

Barullah menjelaskan, dengan adanya perubahan pelaporan keuangan dari laporan keuangan berbasis CTA ke laporan keuangan berbasis akrual.

“Jumlah laporan keuangan yang disajikan berubah dari 3 laporan menjadi 7 laporan. Yaitu laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca laporan operasional, laporan arus kas dan laporan perubahan ekuitas serta catatan atas laporan keuangan,” jelas Barullah.

Lanjutnya, berdasarkan empat kriteria tersebut dan pemeriksaan BPK telah dilakukan sesuai dengan SPKN. ” Maka BPK RI menyimpulkan bahwa opini atas laporan keuangan Pemprov tahun 2015, Wajar Tanpa Pengecualian,” ungkap Barullah.

Meskipun mendapatkan WTP, Barullah mengakui BPK masih menemukan permasalahan yang hendaknya menjadi perhatian pemerintah Provinsi Sulut. Diantaranya adalah pengelolaan dan penatausahaan aset tetap pemerintah Provinsi Sulut belum memadai.

Wakil Gubernur, Steven Kandouw ketika menerima berkas laporan hasil pemeriksaan

Wakil Gubernur, Steven Kandouw ketika menerima berkas laporan hasil pemeriksaan

Sementara itu, Wakil Gubernur, Steven Kandouw menyatakan, ia menyampaikan terima kasih kepada DPRD dan seluruh SKPD yang telah bekerja keras selama kurang lebih 2 bulan.

” WTP yang kelima diterima oleh pemerintah provinsi jangan membuat kita semua puas diri. Tetapi lebih memacuh semangat untuk bekerja lebih keras lagi. Dan sebagai Wakil Gubernur akan saya awasi dan plototi terus,” tegas Kandouw. (mom)

IKLAN
loading...