Pemprov Sulut Buka Posko Siaga Bencana, Salurkan Bantuan Korban Banjir dan Tanah Longsor

Caption: Posko Siaga Bencana salah satunya Pemprov buka di lobi Kantor Gubernur. Nampak Sekprov Edwin Silangen, Asisten 1 Edison Humiang, Kasat Pol PP Evan S Liow bersama jajaran Pol PP, dan Kepala Biro Pemerintahan Jemmy Kumendong sedang persiapkan bantuan berupa makanan siap saji untuk korban banjir dan tanah longsor di Manado, Jumat (1/2/2019) (foto:Ist)

MANADO–  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dibawa pimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) cepat tanggap mendirikan posko informasi bencana juga menyalurkan bantuan untuk korban banjir dan tanah longsor di Manado.

SERIUS: Posko Siaga Bencana salah satunya Pemprov buka di lobi Kantor Gubernur. Nampak Sekprov Edwin Silangen, Asisten 1 Edison Humiang, Kasat Pol PP Evans Liow bersama jajaran Pol PP, dan Kepala Biro Pemerintahan Jemmy Kumendong sedang persiapkan bantuan berupa makanan siap saji untuk korban banjir dan tanah longsor di Manado, Jumat (1/2/2019) (foto:Ist)

Dimana, Posko Informasi bencana terletak di Lobi Kantor Gubernur, selain itu, disiapkan juga posko siaga bencana di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan.

Gubernur Olly melalui Sekdaprov Edwin Silangen Jumat (1/2/2019) mengatakan, Pemprov Sulut telah menyiapkan perlengkapan penanggulangan bencana yang dimiliki sejumlah instansi terkait.

“Peralatan yang ada di Dinas PUPR, SatPol-PP, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan sudah disiapkan di sejumlah lokasi bencana. Kami juga menyediakan kebutuhan masyarakat seperti dapur umum, makanan siap saji dan peralatan lainnya,” kata Silangen.

Selain itu, menurutnya, kesehatan masyarakat korban bencana banjir dan longsor juga diperhatikan dengan menyiapkan Posko Kesehatan.

“Dinas Kesehatan sudah membuka Posko Kesehatan buka 1×24 jam dan sudah disiapkan obat-obatan yang diperlukan,” ungkap Silangen.

Lebih lanjut, Silangen mengimbau masyarakat untuk terus waspada karena berdasarkan data peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut, curah hujan tinggi masih berlangsung hingga pukul 20.00 Wita.

“Kami mengimbau masyarakat agar menghindari daerah aliran sungai dan daerah rawan longsor,” pesan Silangen.

Diketahui, hujan mengguyur Manado dan sekitarnya sejak subuh hingga sore ini sementara berlangsung sekira pukul 16.55 Wita. Diperkirakan hingga malam hari.

Bagi masyarakat Sulut yang membutuhkan informasi bencana dapat menghubungi Kepala BPBD Sulut Joi Oroh 081355526955, Kepala Biro Protokol dan Humas Dantje Lantang 08124193636 dan Kabag Humas Christian Iroth 081244531119.

(srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020