Penasaran Dengan Program HATINYA PKK Manado ? Ini Manfaat Yang Wajib Diketahui

MANADO – Wakil Ketua TP-PKK Kota Manado Ny Imelda Markus membeberkan sejumlah manfaat dari program HATINYA PKK (halaman, asri, teratur, indah dan nyaman) dalam kegiatan yang bertempat di Kecamatan Tikala, Jumat (12/4). Dimana, program ini merupakan sebuah program pemerintah yang dibuat untuk pemanfaatan lahan pekarangan.

Lebih lanjut dijelaskan, melalui Hatinya PKK diharapkan masyarakat dapat secara sadar untuk mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya.

“Sasaran dari program HATINYA adalah pemanfaatan lahan kosong, pekarangan dan halaman yang bisa bermanfaat bagi keluarga dan warga sekitar dan tentunya bisa bernilai ekonomi hingga dapat menunjang perekonomian keluarga. Program tersebut lebih terpusat pada pengembangan pangan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,” terang Waket TP-PKK Imelda Markus.

Ditambahkannya, memanfaatkan berbagai limbah plastik seperti jerigen, gelas, botol, ember dan kaleng bekas yang ditambahkan tanah dan pupuk kandang atau bisa juga memanfaatkan pot dan polybag . Hal tersebut selain mudah dilakukan juga memiliki nilai ekonomis karena alat dan bahan yang digunakan gampang didapat dan relatif murah.

Berikut pemaparan manfaat penerapan Program HATINYA PKK :

  1. KECUKUPAN PANGAN – Dimana setiap keluarga diharapkan memanfaatkan lahan kosong untuk dimanfaatkan menjadi lahan produktif dengan menanam berbagai tanaman pangan sehingga setiap keluarga memiliki pasokan pangan yang mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari tanpa harus bergantung pada pangan dari luar maupun dengan cara membeli.
  2. KESEHATAN – Dengan menanam berbagai tumbuhan di sekitar pekarangan rumah maka dapat mengurangi akumulasi gas karbondioksida sehingga mengurangi terjadinya resiko efek rumah kaca yang menyebabkan suhu disekitar rumah meningkat sehingga lingkungan rumah menjadi sejuk serta nyaman dan sehat untuk ditinggali.Disamping itu, pangan yang dihasilkan juga berkualitas tinggi karena media tanam dan perawatannya dapat dikontrol dengan menggunakan bahan-bahan organik.
  3. PENDIDIKAN – Gerakan HATINYA juga bermanfaat meningkatkan peluang sumber daya manusia terutama di kalangan ibu rumah tangga dan anak-anak usia sekolah karena secara tidak langsung mengajarkan tentang pertanian sederhana.
  4. PEREKONOMIAN – di bidang perekonomian program HATINYA  juga memiliki peran yang cukup besar. Selain mampu meningkatkan pendapatan keluarga dengan menjual kelebihan hasil produksi, pengelolaan kegiatan juga bisa dikembangkan menjadi usaha dengan skalayang lebih besar sehingga mampu menyerap tenaga kerja desa sehingga berpengaruh juga pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Penulis : stenlybeteng.

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020