Penatua Jimmy Gosal Apresiasi Keputusan BPMS GMIM Soal New Normal

Penatua Jimmy Gosal. (foto:hcl)

MANADO – Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM kembali akan menjadwalkan ibadah di gedung gereja dimasa pandemi Covid-19, setelah dikeluarkannya surat nomo K.0700/PPD.VII/06-2020 tanggal 19 Juni 2020 tentang pemberitahuan penerapan new normal dalam pelayanan.

Keputusan BPMS GMIM tersebut mendapat dukukungan dari Penatua Jimmy Gosal. Menurutnya, apa yang sudah diputuskan oleh sinode sudah tepat, karena menghadapi new normal gereja dan jemaat perlu melakukan adaptasi dengan kondisi virus corona.

“Keputusan sinode menjadwalkan kembali ibadah di gedung gereja sangat-sangat bagus. Sekarang kita menuju new normal, jemaat perlu beradaptasi dengan kondisi yang terjadi saat ini,” kata Penatua di Jemaat Betel Teling Atas Manado.

Meski demikian, sinode dimintanya untuk melakukan sosialisasi maksimal kepada wilayah hingga aras jemaat soal bagaimana pemberlakuan protap kesehatan saat gereja dibuka untuk jemaat kembali beribadah.

Menurutnya, banyak hal yang harus diketahui oleh sinode, wilayah dan jemaat, termasuk mempersiapkan semua fasilitas kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona.

“Di gereja diwajibkan menyediakan tempat untuk mencuci tangan yang dilengkapi dengan sabun, harus ada hand sanitizer, penyemprotan gedung gereja dengan desinfektan, penataan dan pengaturan tempat duduk untuk menjaga jarak,” jelasnya.

Penatua Jimmy Gosal menambahkan, pada saat jadwal ibadah di gereja kembali dibuka, perlu juga diatur soal waktu beribadah dan pengaturan jemaat yang hadir sehingga tidak berkumpul dengan jumlah yang banyak.

“Teknisnya, perlu diatur dan dibagi beberapa kolom untuk jadwal ibadah. Ibadah subuh, ibadah pagi, ibadah siang dan ibadah malam,” tandasnya. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020