IKLAN

Pengadilan Negeri Manado Akan Terapkan System IT


Kantor Pengadilan Negeri Manado. (foto:ist)

Kantor Pengadilan Negeri Manado. (foto:ist)

MANADO – Rabu (4/3) kemarin. Ketua Pengadilan Negeri (PN) Manado, Wayan Karya SH MHum, katakan bahwa PN Manado akan terapkan IT System.

Dijelaskannya, penerapan IT System tersebut dimaksudkan untuk kemudahan pekerjaan, baik di saat persidangan, atau mengenai pekerjaan admistrasi di PN Manado. Juga diharapkan, nantinya para hakim tinggal memutuskan perkara langsung secara lisan, karena berkas putusannya akan langsung dikirim ke laptop hakim yang bertugas memimpin jalannya sidang.

“Nanti kalau sudah diterapkan IT System para hakim tinggal menggunakan perangkat elektronik seperti laptop. Jadi saat memutuskan perkara, berkasnya akan langsung di kirim” ujar Wayan, sembari menambahkan bahwa di setiap ruang sidang akan di taruh alat perekam. “Setiap ruang sidang akan di pasang alat perekam, jadi setiap hasil sidang akan mudah untuk dicatat oleh panitera. Ini juga di buat agar setiap hasil sidang akan bisa langsung di publish” tambahnya.

Saat ini, Wayan juga sementara mengerjakan ruang steril antara para pengunjung, mereka yang sedang berperkara dan para hakim. Hal ini dibuat untuk meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan termasuk transaksi antara oknum yang sedang berperkara dan para hakim.

“Ruang steril sudah di kerjakan dari awal bulan januari. Dan mudah-mudahan sudah selesai bulan februari ini. Nantinya ini berfungsi sebagai pembatas bagi para pengunjung, jadi kalau mau masuk ke dalam ya cuma karyawan dan harus punya id cardnya. Juga dimaksudkan untuk mencegah adanya praktek-praktek nakal” Jelas Wayan.

Ketika disinggung soal ruang steril yang nantinya tidak mengizinkan lagi wartawan untuk masuk meliput di ruang sidang dalam setiap perkara, Wayang membantah tegas hal itu.

“Tidak, wartawan tetap bisa masuk dan meliput di ruang sidang di samping tempat duduk para hakim. Kalau saya larang nantinya saya yang salah itu, karena melanggar asas keterbukaan publik dan untuk kepentingan informasi yang akan diberikan ke masyarakat kan. Itu hak wartawan, dan tidak ada yang akan melarang itu” tegas Wayan. (ekaputra)

IKLAN
loading...