Penilaian Adipura, DLH Prov Sulut Pantau Kesiapan Pemkab Sangihe

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara Ir Marly Elisabeth Gumalag Msi.

Tahuna- Penilaian Adipura sebentar lagi akan dilaksanakan. Untuk meraih hasil yang baik di penilaian Adipura, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara mengecek kesiapan Kabupaten Kepulauan Sangihe. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Utara Ir Marly Elisabeth Gumalag MSi mengatakan, ada banyak fokus dari pengecekan yang dilakukan tim dari provinsi, tentang kesiapan Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam penilaian Adipura nantinya. 

“Saya dalam rangka tugas untuk penilaian Adipura. Kita lihat sejauh mana kesiapan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Seperti yang kita ketahui kemarin Kabupaten Kepulauan Sangihe dapat Adipura. Kita fokuskan di RS, jalan, pasar, sekolah dan banyak lagi lainnya.” kata Gumalag.

Tim dari DLH Provinsi Sulut pun telah mengunjungi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada di Kelurahan Santiago. Dari hasil pantauan, Gumalag mengakui bahwa TPA tersebut memang diurus dengan baik. 

“Kita baru dari TPA, sejauh ini keliatan memang dikelola dengan baik. Jadi kita harap dipertahankan. Ada hal yang baru terkait dengan penilaian Adipura. Tahun ini penilaian untuk awal adalah, penilaian terkait dokumennya dahulu. Jadi tim penilaian akan datang membandingkan sesuai tidak rancangan dengan implementasi yang ada dilapangan.” pungkasnya. (Zul)