IKLAN

Inspirasi

Pensiun Dari PNS Seriusi Gordyn dan Puade


Bernhard

Bernhard J Pangemanan saat menggunting kain untuk pembuatan gordyn

Bernhard Johanis Pangemanan (59), 38 tahun sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), memutuskan menggali potensinya pada usaha menjahit gordyn atau hordeng sampai merancang puade pernikahan setelah pensiun.

___________________________________________________________

BERMULA, beberapa kali ikuti kursus teknologi tepat guna di Yogyakarta semasa PNS, ternyata hasilnya berguna pada masa pensiunnya.  

Puade pernikahan hasil buatan dan rancangan Bernhard

Puade pernikahan hasil buatan dan rancangan Bernhard

“Bergelut pada usaha dengan pekerjaan penghasilan tidak tetap, terobati dimasa pensiun. Makanya mereka setelah pensiun kebingungan mencari kesibukan yang berpenghasilan,”ujar suami dari Olsye Prang itu.

Kreasi dan idenya sampai tidak habis-habisnya, pemesanan gordyn, puade pernikahan dan acara HUT. Profesi itu, biasanya hanya dilakoni orang-orang yang memiliki jiwa seni tinggi.

Tapi, merupakan hal biasa dari Bernhard sapaan akrabnya. Baginya, kesibukan sebagai pensiunan membuat rutinitas lebih terisi, karena waktu PNS terbiasa sibuk setiap hari pergi kantor pagi pulangnya sore bahkan malam,”ungkap mantan sekretaris Dinas Catatan Sipil dan bendahara Dinas Pekerjaan Umum Minahasa Selatan tersebut.

Latar belakang keluarga Bernhard sebenarnya bukan seni. Tapi lewat kemampuan, bakat dan ingin belajar bisa ada dalam diri si pemberani dan rajin. Dari situ, hasil karyanya mulai diketahui banyak orang sampai ke luar daerah. (BERSAMBUNG), (srikandi_P)

IKLAN
loading...