Perang Lawan Covid-19, Komunitas Bikers YR15CI Bitung Bantu APD Kepada Para Medis

Anggota YR15CI Kota Bitung yang tergabung dalam Bold Riders Manado menyerahkan baju hazmat untuk tenaga medis di RSUD Manembo-Nembo Bitung, Sabtu (23/5/2020).

BITUNG – Dokter, perawat di Indonesia menjadi garda terdepan dalam melawan pandemi virus corona atau Covid-19 sejak pertama kali muncul di Wuhan China akhir tahun 2019 lalu. Mereka terus melakukan perawatan kepada para pasien-pasien terkait dengan virus tersebut.

Kepedulian terhadap kerja kemanusiaan para dokter dan perawat ditunjukkan oleh Komunitas Yamaha R15 Club Indonesia (YR15CI), dengan inisiatif memberi perlindungan kepada para medis dari ancaman virus corona melalui donasi baju hazmat atau alat pelindung diri (APD).

Sebanyak 50 potong baju hazmat diserahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manembo-Nembo Bitung, Puskesmas Paceda, dan Puskesmas Maesa Sabtu akhir pekan lalu (23/05/2020). Langkah ini dilakukan komunitas yang tergabung dalam Bold Riders Manado tersebut mengingat tingginya risiko kerja yang dihadapi para medis dalam melawan corona.

Anggota YR15CI Kota Bitung yang tergabung dalam Bold Riders Manado menyerahkan baju hazmat untuk tenaga medis di Puskesmas Paceda, Sabtu (23/5/2020).

Ketua YR15CI Kota Bitung, Tri Edi Wibowo Hartono mengatakan ide untuk memberikan bantuan berupa baju hazmat tersebut muncul setelah pihaknya mendapat informasi mengenai adanya rumah sakit dan puskesmas di Kota Bitung yang kekurangan APD.

“Kami menyadari bahwa risiko para medis terpapar corona sangat tinggi. Bantuan yang kami berikan ini adalah upaya untuk saling berbagi dan terus memberikan semangat kepada mereka dalam menghadapi corona,” kata Edi.

Dari total 50 baju hazmat yang didonasikan, sebanyak 30 potong untuk RSUD Manembo-Nembo Bitung, 10 potong untuk Puskesmas Paceda, dan 10 potong untuk Puskesmas Maesa.

Edi menuturkan kegiatan ini menjadi hal yang positif bagi para anggota YR15CI Kota Bitung yang merupakan bagian dari Bold Riders Manado. Apalagi selama ini di wilayah Bitung belum ada bikers yang pernah memberikan bantuan berupa APD untuk tenaga medis.

“Kegiatan ini menunjukkan kekompakan kami dari YR15CI Kota Bitung yang baru saja merayakan ulang tahun keempat pada 14 Februari lalu. Kami berharap bantuan ini bisa memberikan manfaat bagi para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19,” tuturnya.

Kepala Ruang Isolasi RSUD Manembo-Nembo Bitung, Dr. Maria F. D. Moniaga mengapresiasi apa yang dilakukan komunitas binaan Bold Riders Manado. Menurutnya, bantuan dari YR15CI Kota Bitung ini sangat bermanfaat bagi tenaga medis di RSUD Manembo-Nembo Bitung.

“Mewakili Direktur RSUD Manembo-Nembo Bitung, saya mengucapkan terima kasih atas bantuan APD yang diberikan YR15CI Kota Bitung. Ini sangat menunjang pelayanan tenaga medis di tengah pandemi virus corona,” ujarnya.

Sehari sebelumnya, YR15CI Kota Bitung juga memberikan bantuan sembako ke  Asuhan Al-Muhtadien Hidayatullah. Bantuan tersebut berupa 50 kg beras, 7 dus mie instan, 3 krat telur, 5 kg gula, sabun mandi, sabun cuci, susu, teh, dan minuman isotonic. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020