Perencanaan E-Budgeting, Pemprov Kalah dari Manado

Denny Sumolang

MANADO-legislator Sulut, Denny Sumolang mengingatkan Pemprov Sulut untuk segera memberlakukan sistem perencanaan penganggaran berbasik elektronik (e-budgeting). Pasalnya, Kota Manado sudah masuk nominasi pemberian penghargaan dari Pemerintah Pusat terkait pemberlakuan e-budgeting saat musrembang nasional pada 26 April 2017 di Jakarta.

Denny Sumolang

” Masa Pemprov kalah dengan Kota Manado. Tahun ini harus segera diterapkan,” kata Sumolang. Sumolang menjelaskan untuk tahun 2017 ini ada 5 daerah meraih penghargaan yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Selatan,  Sulawesi Selatan, Jabar dan Jatim.

” Lima Provinsi ini semua kabupaten/ Kota sudah menerapkan sistem perencanaan penganggaran berbasis elektronik. Nah, ini harus diberlakukan di Sulut,” ungkap anggota Komisi I DPRD Sulut ini.

Sumolang mengakui sistem e-budgeting  sangat penting untuk menutup terjadinya penyalahgunaan wewenang, pemborosan anggaran, dan tindak pidana korupsi.

“Budgeting juga bentuk transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan oleh Pemda.Dan DPRD Sulut juga harus wajib ikut Bimtek tentang e-budgeting.Karena hampir semua anggota dewan belum tahu tentang penerapatan e-budgeting, bagimana melakukan pengawasan,” ujar Sumolang. Sambil mengingatkan bimtek bisa dilakukan di Manado, dan pembicaranya bisa didatangkan dari Jakarta. ” Ahok layak jadi pembicara, karena DKI Jakarta sudah 2 kali menerima penghargaan,” aku Sumolang. (mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020