IKLAN

Perintah KASN, GSVL Akhirnya ‘Mentahkan’ Mutasi Jabatan Produk ROR


Roling jabatan dipimpin Sekda, Haefrey Sendoh yang dilakukan Roy Roring, Penjabat Wali Kota Manado lalu

Roling jabatan dipimpin Sekda, Haefrey Sendoh yang dilakukan Roy Roring, Penjabat Wali Kota Manado lalu

MANADO – Roling jabatan/mutasi di lingkup Pemkot Manado produk Royke O.Roring (ROR) saat dipercayakan sebagai Penjabat Wali Kota Manado masa pemerintahan transisi lalu dimentahkan kembali oleh GS Vicky Lumentut (GSVL), Wali Kota definitive.

Menyusul terbitnya surat perintah Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor D-34/KASN/6/2016 tertanggal 1 Juni 2016, ditandatangani Ketua KASN, Sofyan Effendi tentang Pembatalan Mutasi Pejabat Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemkot Manado.

KASN memerintahkan GSVL segera mengembalikan semua pejabat yang dimutasi ROR ke posisi jabatan mereka semula. ROR melakukan roling pejabat ketika itu sebanyak 5 kali. Sedikitnya puluhan pejabat dimutasi selama 5 bulan ROR penjabat Wali Kota.

“Kami memberikan persetujuan dan rekomendasi kepada saudara (Walikota Manado, red), untuk membatalkan mutasi JPT Pratama di lingkungan Pemkot Manado yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tidak melaksanakan rekomendasi yang dikeluarkan oleh KASN,” demikian perintah KASN di poin 4 dalam surat tersebut.

GSVL dimintakan untuk jabatan kosong/lowong agar dilakukan pengisian melalui seleksi tertulis sesuai ketentuan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian JPT secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah, serta terlebih dahulu dikoordinasikan dengan KASN.

Surat yang ditujukan kepada Walikota Manado ini kemudian ditembuskan kepada kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo KUmoko, MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan Kepala Kantor Regional XI BKN di Manado. (tim/anto)

IKLAN
loading...