Persiapan Upacara Tawur Kasanga Umat Hindu Sambut Nyepi 1941 di Lapangan Tikala Pagi Ini

MANADO – Rangkaian ritual umat Hindu di Kota Manado dan sekitarnya dalam rangkaian menyambut Hari Raya Nyepi tahun Saka 1941 pada besok hari (Kamis 7/3/2019) terus dilakukan.

Rabu (6/3/2019), hari ini akan dilakukan perayaan pawai Ogoh-Ogoh, tradisi sehari sebelum Nyepi. Pagi ini, lapangan Sparta Tikala yang menjadi pusat acara akan dilaksanakan ritual upacara Tawur Kasanga.

“Sebenarnya dari minggu lalu kami sudah melangsungkan ritual berupa upacara Melasti yang tujuannya membersihkan diri dari alam semesta kita,” jelas Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Manado, Ida Bagus Ketut Alit.

Hari ini menurutnya, merupakan upacara puncak keagamaan. Pagi ini umat Hindu akan melaksanakan Tawur Kasanga atau upacara Butha.

“Tawur Kasanga atau upacara Butha ini merupakan pembersihan alam dan lingkungan, siangnya pawai Ogoh-Ogoh. Perayaan tahun ini special karena mengangkat tema demokrasi demi kesuksesan pemilu nanti. Kita berharap jauhi perbedaan dalam pesta demokrasi ini,” pungkas Ida Bagus.

Pemkot Manado sudah mengklaim ritual umat Hindu ini sebagai kalender iven pariwisata setiap tahun dengan nama Festival Ogoh-Ogoh. Tahun ini, festival Ogoh-Ogoh masuk dalam rangkaian kegiatan iven akbar berskala dunia, Manado Fiesta 2019. ***

Penulis: antoreppy

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020