Pertama di Sulut, Kadisdukcapil Mitra Tandatangani KK dan Akte Lahir Dengan Barcode

Kadisdukcapil Mitra David H Lalandos AP MM saat menunjukkan cara dirinya menandatangani KK dan Akte Lahir lewat internet.

RATAHAN — Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Minahasa Tenggara (Mitra) David Lalandos AP MM, saat ini bisa menandatangani Kartu Keluarga (KK) dan Akte Lahir di luar kantor.

Per Maret 2019 ini, tandatangan elektronik sudah digunakan di Mitra secara resmi dan sah secara hukum di Indonesia.

“Dari 15 kabupaten/kota di Sulut, ini baru di Mitra yang menggunakan tandatangan elektronik atau barcode di Kartu Keluarga dan Akte Lahir,” ujar Lalandos, Selasa (12/3/2019).

Inovasi tersebut sangat bermanfaat, ketika Kadisdukcapil tak berada di kantor atau tugas luar, namun KK dan akte lahir akan segera ditandatangani.

“Kalau saya seandainya lagi tugas luar dan ada KK dan Akte yang akan ditandatangani, maka saya bisa langsung tandatangan dengan menggunakan aplikasi di internet,” ujar Lalandos.

Menurutnya, tandatangan elektronik bukan seperti tandatangan yang memakai alat tulis, namun tandatangan tersebut berupa kode batang atau kode palang yang biasa disebut barcode, yang merupakan suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin pemindai.

“Ini mungkin masih asing bagi sebagian masyarakat, namun hal tersebut nanti pasti akan dipahami masyarakat,” tandasnya. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020