IKLAN

Pesan SBY Bertentangan dengan Kondisi DPC PD Manado


Presiden Joko Widodo hadir di Kongres Partai Demokrat, Surabaya, Selasa (12/5/2015).

Presiden Joko Widodo hadir di Kongres Partai Demokrat, Surabaya, Selasa (12/5/2015).

SURABAYA – Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terpilih secara aklamasi menjadi ketum Partai Demokrat (PD) periode 2015-2020. Sebelum penetapan ketum dilakukan, SBY meminta seluruh pengurus dan kader menjaga kekompakan.

Pesan SBY ini bertolak belakang dengan kondisi DPC PD Kota Manado jelang Pilkada Manado. Menyusul adanya ketidakkompakan dalam mengusung calon. Bukan mengamankan satu calon yang akan diusung partai justru terjadi dualisme dukungan.

Yakni antara GS Vicky Lumentut sebagai Ketua DPD PD Sulut yang sejak awal sudah menyatakan akan maju di Pilwako Manado sebagai calon incumbent dan Harley ‘Ai’ Mangindaan, Wakil Wali Kota yang juga akan maju sebagai Calon Wali Kota bahkan sudah terlebih dahulu mendaftarkan diri di PD.

Sekadar diketahui. Permintaan SBY untuk tetap menjaga kekompakan dan keharmonisan internal partai ini disampaikan pada sidang paripurna III sebelum pimpinan sidang mengetuk palu menetapkan SBY sebagai ketum. Pimpinan sidang, EE Mangindaan sempat menskors sidang selama 10 menit untuk berbicara dengan SBY.

Dari pembicaraan tersebut ada dua catatan yang disampaikan SBY ke pimpinan sidang. Pertama, SBY ingin menegaskan bahwa pemilihan dilakukan dengan musyawarah mufakat.

Kedua, SBY menurut Mangindaan meminta kesanggupan dan kebersamaan seluruh kader untuk memelihara dan menjaga kekuatan Partai Demokrat.
“Saya sampaikan sanggup dan beliau menyetujui. Setelah disetujui, kami ketok palu dan ketua umum terpilih Bapak DR Susilo Bambang Yudhoyono dan sudah ada SK-nya,” tutur Mangindaan di Hotel Shangri-La Surabaya, Selasa (12/5) malam.

Setelah pemilihan ketua umum secara aklamasi, maka pimpinan sidang mengubah jadwal kongres. Pada Rabu (13/5) diagendakan sidang pleno hasil komisi, pengumuman tim formatur dan pidato politik ketua umum terpilih. (anto/dtc)

IKLAN
loading...