Pijoh: Kapal dan ABK Super Shuttle RoRo 12  Sehat

(Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bitung dr. Pingkan Pijoh)
(Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bitung dr. Pingkan Pijoh, MPHM)

 

BITUNG – Pemeriksaan yang dilakukan di zona karantina sesuai dengan aturan, semua kapal yang datang langsung dari luar negeri harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Demikian dikatakan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bitung, dr. Pingkan Pijoh, MPHM saat menghadiri penyambutan kapal Super Shuttle RoRo 12 dengan rute Filipina – Bitung, Selasa (02/05/2017).

Lebih jauh dikatakan Pijoh, kapal RO-RO yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo, pada Jumat (29/04/2017) lalu, yang kini tiba di dermaga Pelabuhan Nusantara Bitung, juga ikut diperikasa terlebih dahulu. “Sesuai aturan semua kapal yang datang langsung dari luar negeri, termasuk kapal RoRo ini, juga diperikasa dan dilakukan di zona karantina,” ungkap Pijoh.

Dijelaskan pula, dari hasil pemeriksaan dokumen kesehatannya masih berlaku dan semua awak kapal tidak ada yang sakit menular, kemudian sanitasi kapal berasih sehingga tidak ditemukan tanda-tanda yang menyebabkan penyakit berbahaya. “Yang diperiksa yakni anak buah kapal (ABK) sebanyak empat puluh lima orang dari berbagai macam negara termasuk ada ABK asal Indonesia,” ujar Pijoh.

Pemerikaan itu sendiri dilakukan di zona karantina atau sekitar 3 mil dari dermaga Pelabuhan Bitung.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020