Pilwako Bitung 2020, PDI Perjuangan Koalisi PKB?

(Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut Olly Dondokambey, SE bersama Ketua DPC PKB Kota Bitung Tonny Yunus, SE)
(Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut Olly Dondokambey, SE bersama Ketua DPC PKB Kota Bitung Tonny Yunus, SE)

BITUNG – Kendati pesta demokrasi baru masuk pada pemilihan anggota legislatif dan Presiden pada 2019 mendatang, tapi berbagai spekuasi soal siapa yang akan bertarung pada pemilihan wali kota di Kota Bitung sudah bermunculan. “Saat ini orang sedang menghadapi pemilihan legislatif dan Presiden pada 2019 nanti, tapi selepas itu pada 2020 nanti akan digelar pilkada serentak. Dan Kota Bitung masuk dalam tahap itu. Sehingga, hasil pemilu legislatif 2019 nanti menentukan partai mana yang berhak mengusung pasangan calon,” ungkap sumber yang enggan disebutkan namanya.

Dan lanjut sumber, kalau melihat kondisi pemerintahan di Kota Bitung, Wali Kota Max J Lomban dan Wakil Wali Kota Maurits Mantiri, pada Pilkada 2020 nanti, besar kemungkinan tidak akan bersama lagi alias akan bertarung sendiri-sendiri. “Jelas partai yang memperoleh minimal 6 kursi di DPRD nanti, partai itu yang berhak mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Sedangkan partai yang hanya memperoleh kurang dari 6 kursi, mereka bisa koalisi,” katanya.

Menyinggung soal koalisi, lanjut sumber lagi, kendati PDI Perjuangan bisa meraih jumlah kursi yang signifikan, jika mereka akan bertarung di Pilwako Bitung, besar kemungkinan mereka akan berkoalisi dengan PKB. “Kalau nanti PDIP tidak lagi koalisi dengan Nasdem, atau Lomban Mantiri pisah, maka PDIP akan berkoalisi dengan PKB,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, salah satu pengurus DPC PKB Kota Bitung Sofyan Firmansyah Latif mengatakan, koalisi antara PDI Perjuangan dengan PKB sudah terjalin dari pusat. “Koalisi kedua partai ini sudah dari pusat. Dan kedua partai ini sama-sama mengusung pasangan calon Presiden Ir. Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin,” kata Sofyan.

Tapi bicara soal koalisi di Pilwako mendatang, Sofyan mengaku belum ke situ. Sebab saat ini baik PKB maupun PDI Perjuangan masih fokus pada pemilihan legislatif. “Semua tidak menutup kemungkinan, tapi saat ini semua partai termasuk PKB dan PDI Perjuangan masih fokus pada pemilihan legislatif 2019 yang sudah di depan mata,” tegasnya.(ml)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020