Pingkan: Perjuangan Kaum Wanita Tiada Henti

(Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bitung, dr. Pingkan M Pijoh, MPHM)
(Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bitung, dr. Pingkan M Pijoh, MPHM)

BITUNG – Hari Perempuan Internasional atau Internasional Womes Day yang diperingati pada 8 Maret 2018, adalah momen perjuangan persamaan hak kaum perempuan. Demikian ditegaskan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bitung, dr. Pingkan Pijoh, MPHM.

Menurut Pingkan, di momen Hari Perempuan Internasional ini, adalah kesempatan bagi kaum perempuan untuk memperjuangan persamaan hak dan tak mengenal kata berhenti. “Hari Perempuan Se-Dunia, merupakan momentum bagi kaum perempuan untuk memperjuangkan persamaan hak,” kata Pingkan.

Dikatakan pula, sebagai bangsa Indonesia, tentunya kita harus meneladani perjuangan para Pahlawan Nasional khususnya kaum perempuan seperti RA. Kartini, Dewi Sartika, dan Maria Walanda Maramis. “Khusus kita kaum perempuan asal Minahasa, mari teladani sikap Maria Walanda Maramis selaku pendiri PIKAT (Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunannya) yang mengajarkan baca tulis dan ketrampilan kepada perempuan Minahasa, sehingga pada masanya menjadi bekal perempuan Minahasa untuk menuntut persamaan hak dengan kaum laki-laki,” ujar Pingkan yang juga memiliki nama tengah Maria (Pingkan Maria Pijoh).

Ditambahkan, perjuangan Maria Walanda Maramis masih berlanjut dengan memperjuangkan kaum perempuan untuk duduk di Badan Perwakilan. Dan perjuangan tersebut baru dikabulkan pemerintah Hindia Belanda beberapa tahun kemudian. “Suri tauladan Maria Walanda Maramis, semangatnya harus selalu berkobar di dalam dada bangsa Indonesia umumnya dan masyarakat Minahasa khususnya,” pungkas Pingkan Pijoh.(hry)