IKLAN

PN Bitung Tidak Berwenang Mengadili Perselisihan Parpol


Kuasa Hukum Partai NasDem didampingi Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Bitung Ramlan Ifran (kedua dari kiri)

Kuasa Hukum Partai NasDem didampingi Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Bitung Ramlan Ifran (kedua dari kiri)

BITUNG-Pengadilan Negari Bitung dinilai tidak berwenang secara mutlak (Kompetensi Absolute) untuk memeriksa dan mengadili perkara A Quo. Hal ini disampaikan oleh Kuasa Hukum tergugat I, II, dan III (DPD Partai NasDem Kota Bitung, DPW Sulut dan DPP) saat membacakan Eksepsi terhadap gugatan penggugat (Anthinius Supit), Selasa (1/3), bertempat di PN Bitung.

“Dalil gugatan penggugat dalam Fundamentum Patendi (Posita-red), adalah mengenai paerselisihan Partai Politik, berdasarkan Undang-undang nomor 2 tahun 2011 tentang perubahan atas Undang-undang nomor 1 tahun 2008 tentang Partai Politik, dalam pasal 32 jelas dikatan bahwa perselisihan Partai Politik diselasaikan di Mahkamah Parpol,” jelas kuasa hukum partai NasDem Michael Dotulong, SH dan Mooren Bungai, SH, didampingi Sekretaris Partai NasDem Kota Bitung, Ramlan Ifran, usai persidangan.

Ia menambahkan, Anthonius Supit sudah diberikan surat teguran sebalum diberhentikan dari keanggotaan partai dan di PAW. Ini sesuai dengan mekanisme partai NasDem berdasarkan AD dan ART, dan juga yang bersangkutan diberikan ruang untuk mengajukan keberatan di Mahkamah Partai tetapi tidak dilakukan.

Sementari itu Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Bitung menambahkan, bahwa pihaknya hanya menjalankan keputusan DPP, dan menghormati langkah hukum yang ditempuh oleh penggugat terkait dengan Surat pemecatan dan PAW dari DPP Partai NasDem.

“Pada prinsipnya langkah kebijakan yang diambil oleh partai NasDem Kota Bitung berdasarkan petunjuk DPP sesuai dengan mekanisme yang ada dalam AD dan ART, Kami menjungjung tinggi proses penegakan hukum serta langkah-langkah hukum yang diambil oleh penggugat, dan memberikan ruang bagi penegak hukum untuk mengambil keputusan berdasarkan undang-undang,” jelas Ifran. (jones)

 

IKLAN
loading...