Polres Sangihe Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Samrat 2019

Kapolres Sangihe AKBP Sudung Ferdinand Napitu saat penyematan pita pada Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Samrat 2019.

Tahuna- Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020, Polres Sangihe menggelar Apel Pasukan Operasi Lilin Samrat 2019. Yang akan dilaksanakan selama 10 hari ke depan, dimulai sejak 23 Desember – 1 Januari 2020.

Dalam sambutannya, Kapolres Sangihe AKBP Sudung Ferdinand Napitu yang membacakan amanat Kapolri kepada peserta Apel Gelar Pasukan, menyatakan Operasi lilin Samrat 2019 diadakan serentak di seluruh Indonesia.

“Operasi Lilin Samrat 2019 ini akan diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia. Bertujuan untuk memastikan kesiap-siagaan pasukan personil dan peralatan keamanan. Serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun Baru.” kata Napitu. 

Lanjut ditambahkannya, fokus pengamanan pada Operasi Lilin 2019 yakni gereja, objek wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara. 

Dalam pengamanan tempat-tempat tersebut, personil yang dilibatkan dari kalangan TNI, Polri, Dishub, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam kebakaran, Satpol PP dan instansi lainnya.” urainya. 

Strategi yang dipakai dalam Operasi Lilin Samrat 2019 yakni mengedepankan tindakan preemtif dan preventif. Serta didukung kegiatan Intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi. Dan penegakan hukum secara tegas dan profesional. 

“Berdasarkan informasi dari intelijen, terdapat 12 potensi kerawanan yang harus diantisipasi. Yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalulintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial, tawuran dan bencana alam konflik dan balap liar. Kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba dan minuman keras.” ungkapnya.

Para personil diminta untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan strategi yang tepat. Disesuaikan dengan karakteristik daerah kerawanan di masing-masing tempat. 

“Diminta kepada seluruh personil agar dapat menyelesaikan setiap masalah yang ada disesuaikan dengan karakteristik kerawanan daerah masing-masing tempat. Untuk itu diharapkan kepada para personil agar menjaga kesehatan, serta niatkan dalam setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah. Pastikan setiap personil hadir sesuai ploting serta paham akan setiap tugas dan tanggungjawab.” pungkasnya. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020