IKLAN

Porajow Tegaskan Pihak Sekolah Agar Segera Input Nomor KIP ke Aplikasi On-line Dapodik


Ir Dennij Porajiw MSi

Ir Dennij Porajiw MSi

RATAHAN — Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Minahasa Tenggara (Mitra) Ir Dennij Porajow MSi, telah memerintahkan semua sekolah, agar secepatnya menginput nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) ke aplikasi on-line data pokok pendidikan (Dapodik).

Porajow menjelaskan, KIP telah disalurkan sejak dua bulan lalu ke seluruh siswa kurang mampu ditiap kecamatan.

“Harus segera di input ke aplikasi online, karena KIP sudah disalurkan dua bulan yang lalu. Dengan begitu siswa pemegang KIP akan mendapatkan legalitas dari pemerintah pusat,” kata Porajow, Rabu (19/10).

Lanjut, masing-masing pemegang KIP disertai dengan nomor yang berbeda, dan menjadi tugas pihak sekolah memasukkan nomor itu ke bagian pengelolaan data secara on-line yakni Dapodik.

“KIP akan sah dipergunakan setelah pemerintah pusat mengeluarkan surat keputusan (SK) setelah mengetahui pihak sekolah telah melakukan penginputan data,” terang Porajow.

Makanya Porajow menegaskan, pihak sekolah harus bertindak cepat agar kemudahan untuk mendapatkan pendidikan yang telah disediakan pemerintah melalui KIP, bisa dirasakan siswa kurang mampu yang memiliki keinginan bersekolah. Dikatakannya, anak yang putus sekolah karena keterbatasan ekonomi bisa bersekolah lagi asalkan memegang KIP.

“Kami sudah meminta bantuan pemerintah kecamatan agar sedianya mendorong pihak sekolah untuk melakukan penginputan nomor KIP. Ini penting, mengingat betapa seriusnya Pak Bupati James Sumendap dalam memajukan pendidikan di Mitra ,” ujarnya.

Sementara itu, Operator Pengelola KIP Alvon Atteng mengatakan, KIP belum secara keseluruhan tersalur, namun akan selesai disalurkan bulan Oktober.

“Penyaluran KIP dilakukan bertahap, tapi kemungkinan akan selesai disalurkan bulan ini oleh pihak yang telah dipercayakan,” pungkas Atteng. (fensen)

IKLAN
loading...