IKLAN

Potensi Wisata Bunga Dibalik TIFF 2016


TOMOHON – Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016 sukses digelar, Senin (8/8). Kegiatan promosi kreatif Tomohon memacu meningkatkan pergerakan wisatawan khususnya potensi wisata bunga, tak luput perhatian masyarakat Indonesia tetapi juga di mancanegara.

Salah satu kontestan dari salah satu Negara ikut dalam pawai bunga pada TIFF Tomohon, sore tadi Senin (8/8) (foto:PembacaML)

Kontestan dari salah satu ikut dalam pawai bunga pada TIFF Tomohon. Nampak mobil dihiasi penuh dengan bunga segar dengan konsep ciri khas dari Negara tersebut, sore tadi Senin (8/8) (foto:PembacaML)

Sementara itu, menurut web resmi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) belum lama ini, menyebutkan mendukung penyelenggaraan TIFF 2016 dilaksanakan di Tomohon pada 8-12 Agustus 2016. Acara ini sudah diadakan sebanyak 6 kali, 7mengusung tema “ENCHANTING TOMOHON”.

Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, TP-PKK Sulut, dan jajaran Pemkot Tomohon saat membuka TIFF 2016 di panggung utama, Senin (8/8) (foto:Ist)

MERIAH: Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, TP-PKK Sulut, dan jajaran Pemkot Tomohon saat membuka TIFF 2016 di panggung utama, Senin (8/8) (foto:Ist)

Diketahui, event TIFF telah diselenggarakan sebanyak 4 kali, setiap dua tahun sekali sejak tahun 2008, sejak tahun 2015 menjadi calendar of event pariwisata Nasional sebagai program tahunan dan untuk menggaungkan gelaran event tersebut Kemenpar dan Pemprov Sulut serta Pemkot Tomohon menyelenggarakan pre-event belum lama ini di Jakarta.

“TIFF 2016 merupakan salah satu kegiatan promosi kreatif Tomohon untuk meningkatkan pergerakan wisatawan. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang promosi bagi masyarakat Kota Tomohon,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti, saat membuka pre-event TIFF 2016 di Kantor Kementerian Pariwisata, Gedung Sapta Pesona, belum lama ini.

Pemerintah pusat apresiasi kegiatan pre-event dapat dipergunakan Pemkot Tomohon khususnya Pemerintah Provinsi (Pemprov). Sulut untuk selanjutnya bekerjasama dengan pemangku kepentingan pariwisata melakukan promosi dan mempersiapkan dengan baik untuk menyambut kedatangan para wisatawan pada Agustus 2016.

TTIF 2016 dapat menjadi wadah bagi Pemprov Sulut dan stakeholder pariwisata serta sektor terkait lainnya untuk mempromosikan potensi yang menjadi unggulan daerah, dalam upaya mendukung program pemerintah branding “Pesona Indonesia” dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan baik dari mancanegara dan nusantara di Provinsi Sulawesi Utara.

Esthy menambahkan, pihaknya berharap agar event ini dapat menjadi wadah masyarakat untuk dapat menampilkan kreatifitas dan sebagai pendorong petani dan perajin bunga untuk meningkatkan kualitas produknya, sehingga dapat menarik minat kunjungan waisatawan.

Menurut Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang hadir pada parade mobil hias di Jakarta, berharap melalui pre-event Pemerintah Provinsi dan masyarakat akan mempergunakan sebaik-baiknya dukungan dan bantuan yang diberikan demi suksesnya kegiatan, dan bisa memberikan sesuatu yang besar, baik untuk Kota Tomohon maupun Indonesia pada umumnya.

Sedangkan Walikota Tomohon, Jimmy F Eman, menyatakan atas nama pemerintah dan masyarakat Tomohon memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas dukungan dan bantuan dari Kementerian Pariwisata untuk even TIFF.

Sehingga dapat menegaskan posisi dan mempromosikan potensi wisata Bunga Tomohon serta industri pendukung sebagai pusat industri bunga di Indonesia Timur, sekaligus sebagai destinasi wisata lingkungan, baik ecotourism maupun agrotourism.

Megawati Hadiri TIFF 2016….
Presiden RI ke 5 Megawati Soekarnoputri menghadiri pembukaan Tomohon International Flower Fesrival (TIFF) ke 6, 2016 diselenggarakan Senin (8/8) di Tomohon.

Ketum DPP PDIP trrsebt didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw menyaksikan parade mobil bunga hias yang akan mengikuti perlombaan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menambahkan sambil ucapkan terima kasih kepada Pemkot Tomohon yang telah menggelar kegiatan besar ini, guna menunjang perkembangan pariwisata di Kota Bunga terutama Sulut pada umumnya,”kunci Olly. (Kandi/Hm/www.kemenpar.go.id)

IKLAN
loading...