Presiden Jokowi Instruksikan Polri Tegas Berantas Oknum Aparat Terlibat Pungli

Presiden Jokowi saat diwawancarai sejumlah wartawan.

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan untuk menangani premanisme maupun pungutan liar (pungli) oleh aparat, dirinya telah memerintahkan langsung ke Kapolri dan Wakapolri agar segera ditindaklanjuti.

Dimana, dengan adanya pungli tentunya yang pertama meresahkan, menyebabkan ketidaknyamanan. Yang kedua menyebabkan biaya yang tinggi dalam transportasi kita. Ada cost-cost tambahan yang seharusnya tidak ada tapi dibuat ada.

Sementara, terkait Siber pungli, Presiden menjelaskan bahwa pekerjaan yang diselesaikan banyak, dari mulai masalah KTP di Kelurahan hingga sertifikat di BPN. Sebab itu, jika ditemukan ada oknum aparat yang kedapatan pungli dapat langsung dipecat.

“Ya, disikat semuanya,” tegas Presiden.

Lanjut dikatakan, untuk masalah premanisme, secara teknis diselesaikan oleh Kepolisian. Sedangkan mengenai logistik dan tonase, dapat ditanyakan kepada Menteri Perhubungan.

“Saya kira ada sudah aturan semuanya. Ya mungkin perlu sosialisasi agar para aparat mengerti mana yang boleh, mana yang enggak boleh,” kata Presiden seperti dikutip dari laman Setkab. (stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020