IKLAN

Program Pendidikan GSVL Bisa Ciptakan SDM Handal Kota Manado Kedepan


Tommy Palapa

Tommy Palapa

MANADO— Sekolah khusus bagi siswa memiliki Intelligence Quotient (IQ) ‘plus’ bakal hadir di Kota Manado. Terobosan program pendidikan inilah sedang dibidik Wali Kota GS Vicky Lumentut menghadapi persaingan global di masa akan datang.

“Sebab Kota Manado kedepan yang dibutuhkan adalah SDM (Sumber Daya Manusia). Jadi sejak dini kita harus pikirkan itu. Siapa lagi kalau bukan generasi kita sekarang ini agar di Manado kelak memiliki SDM sendiri tidak diambil dari luar lagi,’’ tandas GSVL, sebutan akrab Wali Kota.

Program ini nantinya akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Manado. Setiap sekolah (SMA/SMK sederajat) akan dicari siswa-siswa yang memiliki IQ ‘plus’, kemudian mereka dibentuk kelompok belajar sendiri dengan mata pelajaran khusus sesuai keahlian mereka.

“Namanya sekolah terminal. Siswa IQ plus maksudnya, mereka yang sekali diajar langsung mengerti. Nah, mereka ini nantinya setelah lulus akan disekolahkan ke luar negeri dengan biaya pemkot. Setelah selesai, mereka akan siap pakai di Manado,’’ jelas GSVL.

Terobosan program pendidikan ini diapresiasi tokoh akademisi, Tommy Palapa. Doktor jebolan Universita Airlangga Surabaya salut karena cocok dengan perkembangan Kota Manado kedepan. “Kedepan Kota Manado memang butuh SDM siap pakai. Program pak Wali Kota memang cocok agar Manado tidak ketinggalan dengan daerah lain,’’ ujar Palapa.

Diakui dosen Universitas Manado (Unima), tak banyak orang yang punya pikiran cemerlang terkait dunia pendidikan saat ini. Tak heran, Palapa berharap, program sekolah ‘terminal’ ini segera disosialisasi. “Ini sangat membantu pendidikan kita di Manado, terlebih Sulut. Dengan niat baik program Pemkot ini kesempatan bagi generasi-generasi kita saat ini,’’ pungkas Palapa. (anto reppy)

IKLAN
loading...