Puntung Rokok Diduga Hanguskan Kebun Cengkeh Milik Adilang Maniku

Kebun milik Adilang Maniku Kampung Petta Timur Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe hangus terbakar. Foto Opo Mad

Tahuna- Lahan perkebunan milik keluarga Adilang Maniku di Dusun Pakowa Lindongan III Kampung Petta Timur ludes terbakar. Perkebunan yang diperkirakan memiliki luas 20×30 Meter tersebut terbakar sekitar pukul 12.20 Wita, Jumat 27 September 2019. Beruntung api tak membesar, dan hanya menghanguskan beberapa pohon kelapa dan pohon cengkeh. 

“Selesai pulang sholat jumat, kami lihat kebun milik keluarga Adilang terbakar. Beruntung di sebelah kebun ada tempat penampungan air. Jadi warga bisa cepat memadamkan api. Dan syukurlah angin pada hari ini tidak kencang, jadi angin tidak membantu membuat api semakin besar.” kata Opo Mad warga Kampung Petta Timur.

Hal ini pun dibenarkan oleh Kapolsek Tabukan Utara Iptu Yus Tompoh. Dikonfirmasi media ini, beliau mengatakan diduga api berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan. 

Kapolsek Tabukan Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe Iptu Yus Tompoh.

“Api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh oknum warga yang tak bertanggungjawab. Puntung tersebut mengenai ilalang kering yang ada dikebun itu. Dengan mudah api membesar, dan menghanguskan beberapa pohon kelapa serta cengkeh.” ungkapnya.

Lanjut dikatakannya, pada saat peristiwa itu terjadi, tidak ada aktivitas warga dikebun tersebut. Dan sekitar pukul 14.40 api sudah berhasil dipadamkan. Berkat bantuan warga, personil Polsek Tabukan Utara dan satu mobil Damkar. 

“Tidak ada korban jiwa. Kalau kerugian materi diperkirakan sekitar dua juta rupiah. Karena ada tiga pohon kelapa dan dua pohon cengkeh yang terbakar. Menurut Kapitalaung Kampung Petta Timur.” pungkasnya. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020