Qlue CCTV C3 Pemkot Terus ‘Upgrade’, Baca Jenis dan Jumlah Kendaraan Yang Melintas

Wakil Walikota Manado Mor Bastiaan didampingi Sekda Bart Assa juga Kadis Kominfo Erwin Kontu saat memantau Qlue yang sedang memantau jumlah kendaraan di Jalan Piere tendean.
Wakil Walikota Manado Mor Bastiaan didampingi Sekda Bart Assa juga Kadis Kominfo Erwin Kontu saat memantau Qlue yang sedang memantau jumlah kendaraan di Jalan Piere tendean.

MANADO – Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini miliki Qlue, aplikasi laporan yang saat ini sudah lebih berkembang.

Untuk Pemkot Manado sendiri, yang dipantau melalui ruang Cerdas Command Center (C3), Qlue yang berjalan masih dalam bentuk trial, atau percobaan. Dimana, Qlue pusat memberikan masa pakai selama 1 bulan dengan status free trial.

“Ya benar, Qlue yang ada saat ini statusnya masih trial selama 1 bulan. Kedepan setelah masa coba ini selesai, kami langsung adakan penawaran kontrak kerjasama. Yang mana, saat ini tersedia 1 titik pantau, tapi statusnya masih trial. Kedepan Pemkot akan miliki beberapa titik akses pantauan, namun anggarannya akan diusulkan terlebih dahulu,” tukas Kadis Kominfo Manado Erwin Kontu.

Tambahnya, kelebihan Qlue yan ada saat ini yang masih dalam tahap masa coba, bisa membaca jenis kendaraan dan jumlah kendaraan yang melintas.

“Untuk 1 ruas jalan yang ada di Jalan Piere Tendean, sehari ada sekira belasan hingga puluhan ribu kendaraan yang melintas. Nah, Qlue ini dalam pantauan selain menghitung jumlah kendaraan per jenisnya, Qlue juga bisa membedakan jenis kendaraan. Seperti, mobil, motor dan trus/bus/angkot. Cara bacanya dibagi dalam 3 klasifikasi dan dihitung dalam sehari ada berapa kendaraan yang melintas per jenisnya,” beber Kadis Erwin. (stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020