Raih Bhumandala Award, Bukti Kesaktian GSVL-MOR Bangun Smart City

Wawali Mor saat menerima penghargaan kota terbaik pemanfaatan informasi geospasial.

MANADO – Konsep smart city yang digagas pimpinan Pemerintah Kota Manado Walikota GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor Bastiaan, perlahan menuai hasil. Meskipun baru setahun smart city dijalankan, tapi sudah cukup membuktikan kesaktian GSVL-MOR dalam penerapannya yang berbasis teknologi, plus diikuti dengan rentetan raihan prestasi belakangan ini.

Hari ini, Selasa (24/10), siang tadi, Wawali Mor Bastiaan bersama rombongan Pemkot Manado menghadiri kegiatan penyerahan penghargaan untuk lomba pemanfaatan informasi geospasial yang diselenggarakan Badan Informasi Geospasial. Dalam lomba tersebut, Manado berhasil keluar sebagai kota terbaik pemanfaatan informasi geospasial.

Tampak penghargaan yang diterima oleh Pemkot Manado.

Wawali Mor dalam kesempatan itu mengatakan Badan Informasi Geospasial (BIG) memberikan penghargaan kota terbaik pemanfaatan informasi geospasial kepada Pemkot manado bersamaan dengan dua daerah yang lain yaitu Kota Surabaya dan Kota Semarang.

“Pemberian penghargaan Bhumandala Award, diberikan bagi daerah yang memanfaatkan atau menggunakan informasi geospasial dalam melaksanakan pemerintahan yang ada. Tentunya, sebagai pemerintah Kota Manado merasa bangga dan berterima kasih atas penghargaan ini. Sebab, Bhumandala Award diberikan bagi tiga terbaik kota/kabupaten yang mengikuti lomba pemanfaatan informasi geospasial,” ujar Wawali Mor.

Lanjut dikatakan, dalam lomba tersebut, proses seleksi dilakukan dengan mencari 10 terbaik, kemudian diseleksi lagi menjadi 6 terbaik dan paling akhir dicari 3 terbaik. Nah, dalam tiga terbaik itu Manado masuk salah satunya bersama dengan Surabaya dan Semarang.

“Harapan kedepan, dengan lahirnya pengharaan ini, Pemkot yang sudah menciptakan beberapa aplikasi, agar terus memberikan kemudahan dalam urusan pemerintahan maupun masyarakatnya. Untuk itu, kami akan terus mengembangkan aplikasi, dengan tujuan Manado akan terus bersaing dalam hal kemajuan teknologi dengan daerah lain,” jelas Wawali Mor.

Wawali Mor didampingi Kadis PU Bart Assa, Kaban Bapelitbang Liny Tambajong, Kabag Pemerintahan dan Humas Steven Runtuwene berserja tim lomba pemanfaatan IG.

Ditambahkannya, bersama Pak Walikota GS Vicky Lumentut sangat berterima kasih kepada masyarakat yang terus mendukung dan bagi beberapa instansi bersama tim yang sudah bekerja keras dalam membentuk sistem informasi dengan sangat baik, meskipun smart city baru dibangun.

“Sebenarnya, Pemkot Manado baru saja menerapkan sistem informasi yang dimaksud yang mengarah pada konsep smart city saat ini. Berbeda dengan Surabaya dan Semarang sudah lama menerapkan sistem informasi. Tentunya, dengan prestasi itu kami sangat berbangga, apalagi baru setahun menerapkan konsep ini dan sudah mendapatkan penghargaan terbaik pemanfaatan informasi geospasial,” kata Wawali Mor. (stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020