Raih Penghargaan IKCI di Jakarta, GSVL-MOR Koleksi 21 Penghargaan Selang 2018

Liputan Khusus

MANADO – Kota Manado kembali diganjar penghargaan sebagai terbaik pertama Kategori Kota Sedang Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) tahun 2018. Dimana, penyerahan penghargaan tersebut diterima langsung Walikota GS Vicky Lumentut di gedung Kompas Gramedia, Jakarta Pusat, Rabu (9/1).

Terkait penghargaan itu, Kota Manado menempati posisi teratas dengan nilai 59,04, peringkat kedua diraih Kota Salatiga 58,99 dan peringkat ketiga Kota Yogyakarta dengan nilai 58,96. Sementara, kategori Kota Besar, Kota Denpasar menempati peringkat pertama, kemudian Kota Surakarta dan Kota Malang. Sedangkan, untuk kategori Kota Kecil diraih Kota Padang Panjang pada posisi teratas disusul Kota Sungai Penuh dan Kota Solok.

Dalam kesempatan itu, Walikota Vicky Lumentut mengatakan dalam membangun Kota Manado, dirinya bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan tidak pernah berharap mendapatkan penghargaan. Menurutnya, penghargaan merupakan bentuk apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan pemerintah, masyarakat dan stakeholder yang ada di Kota Manado.

“Saya atas nama pemerintah dan masyatakat Kota Manado tentunya menyampaikan terima kasih kepada pihak Kompas yang telah menetapkan Manado peringkat pertama Indeks Kota Cerdas Indonesia kategori kota sedang. Kami tidak tahu jika kerja kami dinilai dan diapresiasi dalam bentuk penghargaan. Bagi saya, bekerja untuk kepentingan masyarakat adalah pekerjaan yang harus kami lakukan tanpa mengejar penghargaan,” tandas Walikota Vicky Lumentut.

Lanjut dikatakan, Manado Kota Cerdas merupakan target yang hendak dicapai pada periode kedua jabatannya sebagai Walikota Manado, salah satunya dengan membangun Cerdas Command Center. Yang mana, dalam prosesnya banyak belajar dari Surabaya kotanya Ibu Risma, juga Jakarta, Yogyakarta dan Bandung. Dari apa yang ada di kota-kota itu seperti qlue, cctv dan sebagainya kami gabungkan itu di Manado dan jadilah Cerdas Command Center.

Tambahnya, penghargaan IKCI ini melengkapi 21 penghargaan yang Kota Manado terima tahun 2018 lalu. Tujuan utama kita adalah kesejahteraan rakyat.

Turut hadir menerima penghargaan IKCI tahun 2018, Ketua TP-PKK Kota Manado Lumentut Runtuwene, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Erwin Kontu, Kepala Bagian Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat Steven Runtuwene. (swb).

Terima Penghargaan MPA ‘Hadiah’ Awal Tahun Untuk Walikota GSVL

Walikota Manado GS Vicky Lumentut dianugerahi penghargaan sebagai pimpinan yang Inovatif dan Kreatif dalam ajang Manado Post Award 2019.

Penghargaan ini diterima Walikota Vicky Lumentut yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat, karena dinilai berhasil dalam membangun daerah yang dipimpinnya, selang 2 periode ini. Acara dilaksanakan di hotel Mercure, Tateli (29/1).

“Pemberian penghargaan berdasarkan penilaian Manado Post terhadap inovasi dan kreatifitas Walikota Manado Vicky Lumentut dalam membangun kota Manado,” tukas Sekda Lakat. Selanjutnya, penghargaan diserahkan oleh Komisaris Jawa Post Grup Eric Samola kepada Sekretaris Daerah Kota Manado. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020