Rangkaian Kegiatan HUT RI Ke-73 di Bitung Berlangsung Khidmat

(Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Kota Bitung)
(Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Kota Bitung)

PEMERINTAH dan masyarakat Kota Bitung peringati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, Jumat (17/08/2018).

(Pemberian resmi kepada narapidana)

Kegiatan yang diawali dengan pemberian remisi umum pada narapidana dan anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Bitung itu, dihadiri Wali Kota Max J Lomban bersama Wakil Wali Kota Maurits Mantiri, sebelum menuju lapangan upacara di Stadion Duasudara.

(Wali Kota dan Wakil Walk Kota bersama sejumlah narapinada)

Narapidana yang mendapat Remisi Umum I berjumlah 190 Orang, dengan rincian satu bulan 35 orang, dua bulan 23 orang, 3 bulan 63 orang, lima bulan 25 orang, dan enam bulan 4 orang. Sementara 1 orang napi mendapat remisi II atau bebas ditandai dengan dilepaskannya baju narapidana oleh Wali Kota Bitung.

(Wali Kota menyerahkan bendera merah putih untuk dikibarkan)

Kemudian kegiatan dilanjutkan di Stadion Duasudara lokasi pelaksanaan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73, dengan Inspektur Upacara Wali Kota Bitung Max J Lomban dan bertindak sebagai Komandan Upacara Kapt. Inf Jhonny Sarapung. Sementara itu, pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Bitung, Laurensius Supit.

(Wali Kota Max J Lomban irup pengibaran bendera merah putih)

Wali Kota Max J Lomban mengatakan hari ini adalah hari yang istimewa bagi bangsa Indonesia. Sebab pada hari ini kita memperingati hari ulang tahun ke-73 Kemerdekaan RI. Kita bersyukur kepada Tuhan yang telah meridhoi cita-cita kita menjadi bangsa yang merdeka, bangsa yang besar, bangsa yang bersatu di tengah keberagaman, Bhinneka Tunggal Ika. Dalam peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, marilah kita terus bekerja untuk membangun bangsa yang kita cintai, Bangsa Indonesia.

(Penyerahan bantuan bedah rumah)

Wali Kota bersama rombongan kemudian melanjutkan kegiatan peresmian rumah warga yang sebelumnya mendapat bantuan “Bedah Rumah” dari TNI AD Kodim Bitung Minut.

(Wakil Wali Kota Maurits Mantiri bertindak selaku irup pada penurunan bendera merah putih)

Sementara itu pada Upacara Penurunan Bendera, Wakil Wali Kota Maurits Mantiri bertindak selaku Inspektur Upacara.

(Bendera merah putih diterima Wakil Wali Kota untuk disimpan)

Rangkaian kegiatan ditutup dengan malam Toast Kemerdekaan yang dilaksanakan di BPU kantor walikota dan pada kesempatan itu dilakukan pemberian tanda penghargaan kepada ASN Kota Bitung yang sudah mengabdi selama 10 Tahun, 20 Tahun, dan 30 Tahun.

(Malam toas yang dilaksanakan di BPU kantor walikota)

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI ke-73 sehingga pelaksanaan tahun ini terasa sangat khidmat dan bermakna.

Hadir pula Ketua TP-PKK Khouny Lomban Rawung, Wakil Ketua TP-PKK Rita Mantiri Tangkudung, Sekretaris Daerah Audy Pangemanan, Ketua DWP Kota Bitung Rinny Pangemanan Tinangon, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Pemkot Bitung, Forkopimda Kota Bitung.(hry/***)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020