Ratusan Calon PPS Kelurahan Ikut Test Tertulis KPU Manado

Test tertulis calon PPS Kelurahan yang digelar KPU Manado. (foto:hcl)

MANADO – KPU Manado menggelar tes tertulis calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilaksanakan di aula kantor Pemerintah Kota (Pemkot), Rabu, (04/03/2020).

Menggenakan pakaian putih hitam, ratusan calon PPS diwajibkan menyelesaikan tes tertulis dengan masing-masing 50 nomor.

“Kami membagikan soal tes kepada peserta yang dibagi dalam dua kelompok,” kata Komisioner KPU Manado, Ismail Harun.

Ratusan calon anggota PPS Kelurahan saat mengikuti test tertulis oleh KPU Manado. (foto:hcl)

Dia menuturkan, peserta tes calon PPS disodorkan 50 soal yang terdiri 40 soal teknis dan 10 soal terkait dengan kewilayahan, kemudian dikerjakan dalam waktu 60 menit.

Jumlah calon PPS yang tidak memenuhi kuota, Ismail menyebutkan pihak KPU Manado melakukan koordinasi dengan beberapa perguruan tinggi, lembaga pendidikan dan lembaga profesi.

“Jika sampai batas waktu sesuai dengan yang kami koordinasikan, kalau tidak merekomendasikan orang untuk beberapa kelurahan yang tidak mencukupi, maka kami akan mengambil dari Kelurahan sekitar,” sebutnya.

Menurutnya, ada tiga kelurahan yang tidak mencukupi jumlah calon anggota PPS, termasuk kelurahan Mapanget Barat yang tidak ada yang berminat mendaftar.

Jumlah yang dinyatakan lulus administrasi pendaftaran yang diundang mengikuti test tertulis sebanyak 515 orang, kemudian yang mengikuti test 467 orang dan 48 orang tidak mengikuti test.

Usai dilakukan test, KPU Manado langsung memeriksa dan mengumumkan hasil test dihadapan para peserta calon PPS. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020