Ratusan Warga Padati Polres Sangihe Urus SIM Gratis

Kasat Lantas Polres Sangihe Iptu Awaludin Puhi SIK.

Tahuna- Satuan Lalu-lintas (Sat Lantas) Polres Sangihe, Senin (1/7) melakukan pelayanan SIM gratis. Kegiatan yang dipusatkan di Kantor Pelayanan SIM Polres Sangihe ini ternyata mengundang antusiasme warga. Terlihat antrian para pemohon pembuatan SIM atau perpanjangan SIM memenuhi depan kantor Polres Sangihe.

Kepala Satuan (Kasat) Lalu-lintas (Lantas) Polres Sangihe Iptu Awaludin Puhi SIK mengatakan kepada sejumlah wartawan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan HUT Bhayangkara Ke-73.

Antrian para pemohon pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM.

“Kegiatan ini masih dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Ke-73. Ini juga berdasarkan perintah dari Kapolres agar kita memberikan dispensasi kepada masyarakat yang hendak membuat SIM baru atau perpanjangan SIM gratis di tanggal 1 Juli ini saja. Kalau gratis itu hanya bahasa pemanis saja, sebenarnya kita hanya membayar PNPB nya saja. Dengan ketentuan tetap mengikuti mekanisme yang ada.”ujar Puhi.

Menakisme tersebut lanjut Puhi, yakni mengikuti tes teori dan praktek. Selain hal itu juga, para pemohon wajib memenuhi persyaratan yang ditentukan. Seperti sudah berusia 17 Tahun, membawa KTP dan surat kesehatan. 

“Karena bicara kesehatan, itu terkait dengan fisik si pemohon. Jangan sampai nanti ketika diterbitkan, ternyata fisik si pemohon tidak memenuhi syarat untuk membawa kendaraan. Nah, kalau nanti semua sudah dijalankan dan lulus tes, maka SIM nya akan kita berikan. Tapi tidak sekarang, nanti diacara puncak pada tanggal 10 Juli.”ungkap Puhi. 

Acara puncak yang dimaksud ialah saat selesai upacara HUT Bhayangkara Ke-73 lalu dilanjutkan dengan ceremony pemberian hadiah pemenang-pemenang lomba yang akan diadakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati.

Dari pantauan media ini dilapangan hingga pukul 15.00 Wita, antrian pemohon pembuatan SIM baru atau perpanjangan SIM terbilang cukup banyak.

“Kita buka pendaftaran dari pukul 09.00 Wita dan ditutup sampai pukul 15.00 Wita. Menurut data, ada sekitar 130 pemohon yang hadir hari ini. Jadi pelayanan tetap akan kita maksimalkan hingga semua pemohon seluruhnya mengikuti tes. Kalau perlu sampai tengah malam pun akan kita laksanakan. “Pungkas Puhi. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020