Resmikan 5 Sekolah dan Tinjau Lokasi Bencana, Wamen PUPR : Secepatnya Kita Rakor Percepatan Pemulihan Pasca Bencana

Wamen PUPR Jhon Wempi Wetipo menandatangani prasasti bangunan 5 sekolah di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Tahuna- Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jhon Wempi Wetipo, Kamis (23/1) tiba di Kabupaten Kepulauan Sangihe, melalui Bandara Naha pukul 09.00 Wita. 

Kedatangan Wamen PUPR beserta rombongan, hendak meresmikan 4 bangunan SD Negeri Talawid, Kendahe, Miulu, Malueng, dan 1 SMA Negeri Tabukan Tengah.

Selain meresmikan 5 sekolah, Wamen didampingi Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana meninjau langsung lokasi bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kampung Lebo Kecamatan Manganitu dan Kampung Ulung Peliang Kecamatan Tamako.

Wamen PUPR bersama Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana dan rombongan, mengunjungi lokasi daerah yang terkena dampak bencana banjir bandang dan tanah longsor.

Kepada sejumlah media, Beliau mengatakan kedatangannya ke Kabupaten Kepulauan Sangihe, selain meresmikan sekolah, juga memantau langsung lokasi bencana.

“Kita bersama rombongan Kementerian PUPR baik dari pusat maupun provinsi, datang ke Kabupaten Kepulauan Sangihe selain meresmikan 5 sekolah, juga memantau langsung kondisi daerah yang terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor di beberapa kampung yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe”, kata Jhon. 

Selanjutnya setelah mengamati langsung daerah yang terdampak tersebut, dirinya melalui balai-balai yang ada akan segera melakukan rapat internal. Guna membahas percepatan pemulihan pasca bencana. 

“Nantinya setelah mengamati langsung daerah yang terdampak bencana. Kita akan segera melakukan rapat koordinasi dengan balai-balai. Jadi untuk mengetahui Balai Jalan dan Jembatan apa yang dikerjakan, Balai Wilayah Sungai apa yang dikerjakan, Cipta Karya apa yang dikerjakan, jadi kita singkron kan semua data-data yang ada, agar langkah-langkah yang diambil itu cepat dan tepat”, ungkapnya.

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana.

Secara terpisah, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, merasa bersyukur akan kedatangan Wamen PUPR Jhon Wempi Wetipo yang merupakan perwakilan dari pemerintah pusat.

“Tentunya ini progres yang cukup baik ya, artinya ada pejabat dari PUPR pusat datang menyaksikan langsung kondisi kita yang ada Kabupaten Kepulauan Sangihe”, kata Gaghana. 

Disinggung apa saja yang akan dilakukan pihak PUPR untuk percepatan pembangunan daerah yang terdampak bencana, dirinya menyatakan pihak PUPR akan menindaklanjuti hasil dari kunjungan mereka di Sangihe. Dan segera akan melakukan rapat kerja (Raker) untuk mengambil langkah-langkah apa yang segera akan diambil untuk pemulihan pasca bencana.

“Beliau (Wamen) akan menindaklanjuti, karena dalam waktu dekat mereka akan mengadakan raker. Karena beliau ditunjuk oleh Menteri PUPR sebagai penanggungjawab setiap kebencanaan di daerah. Beliau mencari bahan untuk mendalami semua permasalahan yang ada. Beliau juga sudah janji untuk mengawal kondisi yang berkembang, seperti kerugian-kerugian saat bencana di Kabupaten Kepulauan Sangihe”, pungkasnya. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020