Resmikan RSKD Gigi dan Mulut Pertama di Sulut, GSVL Ciptakan Pariwisata Kesehatan di Manado

MANADO — Tunjang pelayanan kesehatan di Kota Manado, Walikota GS Vicky Lumentut meresmikan Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Gigi dan Mulut di Jalan Ringroad, Kelurahan Tingkulu, Kecamatan Wanea, Selasa (10/11/20).

Perlu diketahui, RSKD Gigi dan Mulut milik Pemerintah Kota Manado merupakan yang pertama dengan dilengkapi peralatan medis tercanggih di Indonesia Timur.

Walikota Vicky Lumentut berharap, jajaran manajemen yang merupakan pelaku sejarah di Kota Manado dapat menyiapkan operasional layanan RSKD ini dengan baik.

“Ditunjang dengan peralatan medis canggih dan terbaru, kiranya kehadiran RSKD Gigi dan Mulut ini akan menghadirkan kualitas layanan istimewa bagi warga Kota Manado dan semua pasien yang hendak berobat,” ujar Lumentut.

Lanjut dikatakan, kehadiran RSKD ini makin memantapkan target pemkot menjadikan Manado sebagai daerah destinasi wisata kesehatan di Indonesia Timur.

“Saat ini sementara dirampungkan pembangunan RSUD dan RS Ibu dan Anak di Mapanget. Kehadiran tiga rumah sakit milik pemerintah daerah serta sejumlah RS bertaraf internasional yang telah beroperasi di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara ini, kita berharap Manado menjadi rujukan pasien di wilayah Indonesia Timur. Dan daerah wisata kesehatan,” jelas Lumentut.

Kepala Dinas Kesehatan dr Ivan Sumenda Marthen dalam laporannya menyebut, pembangunan RSKD Gigi dan Mulut memakan waktu sekira tiga tahun, semenjak peletakan batu pertama pada Mei 2017 lalu.

Walikota Vicky Lumentut memotong pita tanda diresmikan RSKD Mulut dan Gigi.

“RSKD Gigi dan Mulut Pemkot Manado merupakan yang pertama dan representative di Sulut. RSKD ini juga menopang visi pemkot menjadikan Manado sebagai daerah tourism medicine. Namun, utamanya, RSKD hadir untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Khususnya untuk gigi dan mulut yang menjadi biang utama dari segala macam penyakit,” jelas dr Ivan.

Tambahnya, bangunan RSKD terdiri dari tiga lantai dengan basement dan rooftop. Sesuai Permenkes 3/2020, RSKD Gigi dan Mulut ini Kelas C. Dan melayani rawat jalan, rawat inap serta dilengkapi layanan IGD 1×24 jam, VIP serta laboratorium gigi.

“Diresmikannya RSKD Gigi dan Mulut menjadi salah satu legacy Wali Kota GS Vicky Lumentut dalam memimpin Kota Manado selama dua periode atau sepuluh tahun,” terangnya.

Direktur RSKD Gigi dan Mulut, drg Jenny Sumual menambahkan, pihaknya siap memberikan pelayanan paripurna berbasis teknologi kepada warga Manado dan semua pasien pada umumnya.

“Kami mengutamakan kualitas dalam pelayanan dengan mengusung motto, Layani Dengan Senyum, Empati, Ramah dan Disiplin,” ucap drg Jenny.

Ibadah syukur peresmian yang dipimpin Pdt Hendry Runtuwene, Kepala Perwakilan BPK Sulut Karyadi, Kepala Perwakilan BPKP Sulut Setya Nugraha, Sekretaris Kota Micler Lakat, Direktur RSUD Manado drg Sanil Marentek, perwakilan forkopimda, serta pejabat eselon II dan III di jajaran pemkot dan undangan lainnya. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020