Robert Tambuwun, Tegas Pengusaha Wajib Serap Tenaga Kerja Lokal

Anggota DPRD Kota Manado, Robert Tambuwun. (foto:ml)

MANADO – Anggota DPRD Kota Manado, Robert Tambuwun meminta agar para pengusaha yang mau berinvestasi di Manado, memberdayakan tenaga kerja lokal.

“Tenaga kerja lokal harus benar dimaksimalkan oleh pengusaha yang mau berinvestasi di Manado,” kata Robert Tambuwun kepada Manadoline.com, Rabu (4/9/19).

Menurutnya, pemerintah kota (Pemkot) Manado dan pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut, sedang dengan program pelatihan tenaga kerja lokal menjadi siap pakai.

Meski demikian, tenaga kerja lokal ada yang memiliki keahlian khusus dan tidak tapi harus juga diberdayakan oleh pengusaha yang benar-benar mau berinvestasi di daerah ini.

“Kami mentoleransi jika memang membutuhkan tenaga kerja memiliki kemampuan atau skil tertentu dari luar daerah,” tegasnya.

Robert Tambuwun juga menyoroti tenaga kerja lokal yang sarat dengan gensi dalam hal memilih pekerjaan. Sebisa mungkin harus siap dalam persaingan dunia kerja yang luas.

“Harus siap, kalau tidak kita akan kalah dengan tenaga kerja dari luar daerah. Masakan orang luar bisa cari makan di sini, sementara orang Manado tidak bisa untuk itu apalah UMK tinggi 3.1 juta sekian,” tegasnya.

Politisi Perindo ini menambahkan, tenaga kerja lokal harus bisa bersaing dan mampu menjadi pekerja yang punya kualitas sehingga bisa dihargai di daerah sendiri. (ml)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020