Roni Makawata Mendorong SKPD Bekerja Maksimal Soal Penyerapan Anggaran

Anggota DPRD Kota Manado, Roni Makawata. (foto:hc)

MANADO  – Anggota DPRD Kota Manado, Roni Makawata memberikan apresiasi terhadap sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang penyerapan anggarannya pada APBD – Perubahan tertinggi hingga bulan agustus 2019. Sementara yang penyerapan anggaran terendah didorang untuk mampu bekerja menyelesaikannya sesuai dengan target.

“Yang penyerapan anggarannya tinggi DPRD memberikan apresiasi karena kinerja-kinerja  tersebut. Sementara yang rendah sudah mendapatkan penjelasan masih ada program proyek yang baru saja selesai dilelang pada bulan september,” kata Roni Makawata kepada Manadoline.com.

Menurutnya, apa saja yang disampaikan tentang evaluasi penyerapan anggaran oleh masing-masing SKPD hanya sampai pada 31 Agustus, sehingga waktu pelelangan pada bulan September itu tidak masuk dan sudah disampaikan oleh masing-masing SKPD yang penyerapan anggarannya rendah.

Dia berharap, sampai batas waktu untuk seratus hari kedepan setelah dilakukan pelelangan dan sebelum batas waktu tahun ini berakhir, penyerapan anggaran oleh setiap Dinas, Badan dan Kecamatan boleh terealisasi sesuai dengan target-target yang ada.

“Bagi kami prinsipnya, mendorong agar terjadi lompatan kepada setiap Dinas, Badan dan juga Kecamatan dan tugas dan fungsi kami mengawasi apakah proyek ini berjalan sesuai dengan kinerja serta target-target yang disepakati bersama dengan pemerintah kota,” ujarnya.

Kejar target terkait realisasi fisik diharapkan tidak dikerjakan asal-asalan karena dikejar tayang, serba cepat sehingga tidak memuaskan dan hal ini sudah mendapat warning dari pihak kejaksaan dan pengadilan negeri.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, setelah lelang pihaknya akan mengetahui proyek-proyek yang dikerjakan sampai batas waktu untuk beberapa bulan kedepan. “Setelah pembentukan AKD, tugas pokok dan fungsi Komisi III mengawasi semua infrastruktur yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Ini dimaksudkan agar diawasi untuk tidak dikerjakan asal-asalan,” tegasnya.

Dirinya menambahkan, sesuai dengan harapan oleh kepala Dinas, Badan dan Kecamatan, mereka akan bekerja maksimal sesuai dengan target dan tepat waktu. (hc)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020