Ronny Makawata Minta Pemkot Manado Cari Solusi Permasalahan Sampah Jelang Natal

Legislato Manado, Ronny Makawata. (foto:hcl)

MANADO – Anggota DPRD Kota Manado, Ronny Makawata (Roma) mengkritisi instansi terkait di Pemerintah Kota (Pemkot) Manado terhadap masalah sampah yang ada di daerah ini. Pasalnya, TPA Sumompo dinilainya tidak lagi mampu menampung sampah yang dihasilkan oleh masyarakat setiap hari.

“Saat ini volume sampah semakin hari terus bertambah dan ini belum seberapa. Bagaimana kalau sudah bulan Desember,” kata Roma kepada Manadoline.com di Kantor DPRD Manado.

Belum lagi ada larangan pemerintah membuang sampah di TPA Sumompo yang berimbas pada menumpuknya sampah-sampah dibeberapa sudut jalan sehingga menimbulkan bau busuk dan tidak enak dilihat.

Persoalan lainya menurut politisi PDI Perjuangan, TPA Sumompo sudah penuh dan alat yang digunakan untuk mendorong sampah jauh ke belakang sudah rusak, sementara bagian belakang lokasi tersebut tanahnya sudah milik orang lain. Dia kemudian mendorong pemerintah untuk segera mencarikan solusi dari permasalahan ini.

“Katanya disetiap kecamatan ada incinerator, tapi baru empat kecamatan yang memiliki alat tersebut. Kita bayangkan, ini belum bulan Desember antrian di TPA sudah banyak apalah kalau sudah natalan. Dan incinerator di masing-masing kecamatan akan kewalahan mengurus sampah,” jelasnya.

Roma yang juga Ketua Komisi III DPRD Manado menambahkan perencanaan dari Bapelitbag soal TPA tidak tuntas sehingga memunculkan masalah baru. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020