Safari Lintas Kecamatan, Halal bi Halal On The Road Warga Muslim Tahuna

Rombongan Safari Lintas Kecamatan saat berada di Masjid Al-Ikhlas Desa Kalasuge

Tahuna- Warga muslim Kota Tahuna masih memanfaatkan Bulan Syawal 1440 Hijriah ini sebagai bulan silaturahmi dan bulan halal bi halal. Terbukti sebelas hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Rabu (5/6) kemarin, mereka melaksanakan kegiatan Safari Lintas Kecamatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Minggu (16/6). 

Dimulai sekitar pukul 10.00 Wita, rombongan safari yang dibagi dua kelompok ini, start dari Masjid An-Nur Towok melintasi jalur Manganitu dan start dari Masjid Agung At-Taqwa Tidore melintasi jalur Kendahe. Mereka menyinggahi 62 masjid yang tersebar di beberapa kecamatan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Terlihat dari pantauan media ini, puluhan mobil serta puluhan motor memadati jalanan yang ada. Tampak para peserta Safari Lintas Kecamatan terdiri dari anak-anak muda, para orang tua bersama keluarganya berboncengan menaiki motor atau menumpangi mobil, dengan semangatnya bersama-sama menyusuri jalanan yang naik turun, melewati tikungan tajam dan berbelak-belok.

Jejeran puluhan mobil dan motor para rombongan Safari Lintas Kecamatan memadati jalanan depan masjid.

Singgah ke masjid-masjid atau rumah-rumah keluarga mereka yang ada disetiap kecamatannya. Bahkan ada rombongan keluarga yang dengan rela berpanas-panasan sebab menaiki mobil  pick up (mobil bak terbuka), namun enjoy mengikuti safari ini. Tak keliatan wajah letih, semuanya nampak bahagia, walau sempat diawal perjalanan harus memakai terpal menutupi tubuh mereka lantaran turun hujan.

Disela-sela kegiatan, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kepulauan Sangihe Syulbin Nampe menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda PHBI setiap tahunnya dan diikuti oleh seluruh muslim yang ada di Kota Tahuna untuk bersilaturahmi ke saudara-saudara muslim yang ada dibeberapa kecamatan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Selanjutnya setelah kita menjalani puasa di Bulan Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri, kini kita halal bi halal ke warga muslim yang ada di kecamatan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Selain itu juga bersilaturahmi mempererat tali silaturahmi kita antar sesama umat muslim. Dan kegiatan ini merupakan kegiatan setiap tahunnya dari PHBI.”ucap Syulbin. 

Ketua PHBI Sangihe Syulbin Nampe (baju putih) beserta para rombongan saat berada Masjid Jabal Nur Desa Mala

“Kita bagi dua kelompok, satu ke arah Manganitu dan satu lagi ke arah Kendahe. Ada 62 Masjid yang akan dikunjungi oleh rombongan Safari Lintas Kecamatan ini. Yakni Kecamatan Tahuna Barat, Kendahe, Tabukan Utara, Tabukan Tengah dan Kecamatan Manganitu. Alhamdulillah kita berjumpa saudara-saudara kita di masjid-masjid, kita saling berjabat-tangan bermaaf-maafan.”tutup Nampe.

Secara terpisah media ini mewancarai Ketua BTM (Badan Takmirul Masjid) Jabal Nur Desa Mala Kecamatan Tabukan Utara Kahar Durbatun, dirinya meminta kepada Pengurus PHBI untuk terus melakukan kegiatan ini, karena Safari Lintas Kecamatan ini mempunyai nilai lebih, khususnya dalam menjaga ukhuwah islamiah antar sesama umat muslim.

Katua BTM Masjid Jabal Nur Desa Mala Kecamatan Tabukan Utara Kahar Durbatun (baju merah) menerima rombongan Safari Lintas Kecamatan.

“Bagi kami khususnya warga Desa Mala atau BTM Masjid Jabal Nur kegiatan ini merupakan bagian dari memeriahkan hari besar islam. Selain juga halal bi halal, tentunya kegiatan ini terus menjaga ikatan ukhuwah islamiah kita sesama umat muslim khususnya di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Untuk persiapan makanan dan minuman semuanya swadaya dari masyarakat, BTM, bapak imam serta jamaah masjid.”ungkapnya.

Kegiatan ini pun ternyata memiliki arti tersendiri bagi warga muslim yang berada diluar Kota Tahuna. Selain menjaga ukhuwah islamiah, mempererat tali persaudaraan, kegiatan ini merupakan ladang sedekah bagi pemberi makanan atau minuman disetiap masjidnya. Atau juga kepada para peserta rombongan Safari Lintas Kecamatan. Karena disetiap masjidnya juga disediakan kotak amal yang diperuntukkan kepada rombongan.

InsyaAllah kegiatan ini memberikan nilai-nilai khusus bagi umat muslim Kabupaten Kepulauan Sangihe. Juga sebagai wujud ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, karena telah diberi nikmat yang begitu besar. Nikmat hidup rukun dalam bernegara, aman dan damai dalam ukhuwah islamiah. (Zul)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020