Sah! Eselon III-IV Pemprov Sulut Resmi Dilantik, Lebih 700 Nama Tak Dipanggil

Pelantikan eselon III-IV Pemprov oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw di lapangan
Pelantikan eselon III-IV Pemprov oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw di lapangan
Eselon III-IV Pemprov saat dilantik Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw di lapangan perkantoran Kalasey, Minahasa Jumat (13/1) (foto:HumasPemprov)

MINAHASA-Sesuai Keputusan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Nomor 821.2/BKD/SK/07/2017 Tanggal 13 Januari 2017 tentang pengukuhan dan pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Provinsi, sah dilantik Wakil Gubernur Steven Kandouw, sebanyak 465 orang di lapangan perkantoran Kalasey, Minahasa, Jumat (13/1) sore tadi.

Sesuai data resmi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut sebanyak 226 eselon III, dan 239 eselon IV yang dilantik dengan total 465 orang.

Sementara itu, Gubernur Olly Dondokambey dihadapan ASN eselon III dan IV saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, Kamis (12/1) kemarin mengingatkan, selama 10 bulan memimpin Sulut, mengetahui persis proses perjalanan bapak-ibu (para ASN-red) yang menurut data BKD sebanyak 1200 orang.

“Bukan saya tidak memantau. Kalau dilantik eselon II, III dan IV melalui OPD baru ini bukan pekerjaan Sekprov atau tim, itu adalah pekerjaan saya dan Wakil Gubernur,”jelas Olly.

Semua ASN harus jalankan tugas tidak ada namanya yang terlewati, semua berjalan sesuai tugas dan tanggung jawab pemerintah.

”1200 itu saya baca satu-satu, ASN eselon III dan IV dilantik besok (hari ini-red) tapi jika ada namanya belum dipanggil bukan berarti belum mendapat kesempatan. Ya.. harus bersabar mungkin hanya dipanggil 1100 ASN eselon III dan IV kurang atau lebih,”ucap Olly sambil tersenyum, sembari berterima kasih kepada Ketua Badan Sosialisasi MPR RI DR Achmad Basara, MH selaku pembicara pada pertemuan tersebut.

Lanjutnya, Olly yang diketahui tak bisa hadir dalam pelantikan hari ini dikarenakan sedang tugas di Jakarta. Ia pertegas kalaupun ada yang belum dilantik, bukan disingkirkan, perlu selidiki 1200 orang tersebut. Ada kesempatan berikut, kalau mau berprestasi bekerjalah dengan baik.

“Saya kira tidak ada orang yang tidak akan mendapat kesempatan. Bagaimana mensejahterakan rakyat Sulut tapi tidak melupakan juga Bapak Ibu sebagai penunjang eselon II, III, IV karena tugas bapak ibu penopang pembangunan di Sulut,”kuncinya.

Terpisah, Kandouw menambahkan usai pelantikan sore tadi tegaskan hasil rolling berdasarkan penilaian, teliti dan hati-hati. Diakuinya eselon III telah diduduki hampir semua sudah terisi, sedangkan eselon IV lumayan banyak yang akan di rolling.

Beberapa pertimbangan dibutuhkan masih mudah dan prestasi bagus, itu yang kita rekrut. Susulan nanti, berkisar 200 san mendapat giliran.

“Mereka harus kompak, berdedikasi tinggi, loyalitas yang pasti pengorbanan. Empat hal itu yang haruss dioptimalkan. Juga bagaimana menjadi teladan bagi bawahannya, “beber Kandouw sembari menuturkan fenomena turun jabatan, itu hal biasa mulai dari Kabupaten/Kota hingga Provinsi.

Jadi berdasarkan data 1200 ASN eselon III dan IV yang terdaftar, hanya dilantik sore tadi 465 ASN (Nama-nama dilantik sementara menunggu data BKD-red). Berarti sebanyak 735 tak dipanggil atau nanti mendapat kesempatan selanjutnya.

(srikandipangemanan)