Satu Rumah di Kelurahan Tidore Hangus Terbakar

Manadoline.com, Tahuna- Satu rumah milik keluarga Tatoja Sulaiman di Jalan Tidore Atas RT 1 Lingkungan 1, Kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur Kabupaten Kepulauan Sangihe, sekitar pukul 16.30 Wita Senin (13/7/2020) hangus terbakar. 

Kronologi kejadian menurut saksi dari keluarga korban yang saat itu berada di rumah, diduga api berasal dari korsleting listrik yang terjadi di ruang belakang rumah. Mengetahui hal itu keluarga korban langsung membangunkan salah satu keluarga yang ada di dalam rumah. Dan hanya menyelamatkan sedikit barang berharga yang ada di dalam rumah. 

“Kejadian sekitar pukul 16.30 Wita. Api berasal dari korsleting atas rumah. Mengetahui hal itu saya langsung berteriak membangunkan adik saya yang lagi tidur. Dia langsung bangun, saya bilang ga usah bawa apa-apa yang penting kita selamat, selanjutnya saya telfon pemadam kebakaran. Tidak dari kompor, tapi dari korsleting listrik dirumah,” kata Aruji Tatoya korban kebakaran. 

Keluarga korban kebakaran Aruji Tatoja.

Sementara itu, warga yang ada disekitar kejadian, langsung berinisiatif membantu korban kebakaran, dengan peralatan seadanya. Dengan mengisi ember-ember air, warga berusaha memadamkan api kebakaran. Tak lama berselang dua unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi kebakaran. 

Kepada media ini Kakan Satpol PP Kabupaten Kepulauan Sangihe Porkius Parera mengatakan pihaknya dengan cepat merespon kejadian kebakaran, dengan mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran. 

Kakan Satpolpp Kabupaten Kepulauan Sangihe Porkius Parera.

“Ada dua unit mobil pemadam kebakaran yang langsung kita kerahkan ke lokasi kejadian. Kita lihat juga sasaran, atau rumah yang terbakar. Apakah berdempetan atau tidak, kalau berdempetan kita amankan tetangga rumah yang kebakaran. Dan ternyata rumah yang terbakar ini tidak berdempetan dengan rumah warga lainnya. Jadi kita langsung lakukan pemadaman,” jelas Parera.

Sekitar 45 menit, api berhasil dipadamkan berkat pertolongan warga dan dua unit mobil pemadam kebakaran. Namun kondisi rumah yang terbilang merupakan bangunan lama, membuat api dengan cepat membakar seisi rumah. Dan menghanguskan seluruh ruangan dalam rumah. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. 

Dikarenakan ramainya warga Kelurahan Tidore yang menyaksikan kejadian ini, sempat membuat macet jalanan di sepanjang Jalan Tidore Atas. Dengan bantuan Dinas Perhubungan dan Satuan Lalulintas Polres Sangihe, arus lalulintas di jalan tersebut dapat kembali lancar seperti semula. (Zul)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020